DESAIN MEKANISME GATE 3 UNTUK RAMP GATE DOOR KAPASITAS 30 TON
Main Authors: | Nendi Awaliansah, Alumni, FARID RIZAJANA, DS, ENDANG KADAR, DS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/15531/1/Tugas%20Akhir%20Nendi.pdf http://repository.unpas.ac.id/15531/ http://teknik.unpas.ac.id |
ctrlnum |
15531 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/15531/</relation><title>DESAIN MEKANISME GATE 3 UNTUK RAMP GATE DOOR KAPASITAS 30 TON</title><creator>Nendi Awaliansah, Alumni</creator><creator>FARID RIZAJANA, DS</creator><creator>ENDANG KADAR, DS</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Ramp Gate Door adalah jembatan penghubung antara dermaga ke kapal
tongkang, dan biasanya digunakan untuk memfasilitasi bongkar muat batu bara yang di
angkut dengan menggunakan truk untuk kemudian di bongkar dan dimasukan kedalam
kapal tongkang. Dibeberapa daerah, fasilitas ramp gate door masih jarang sekali di
jumpai, kebanyakan untuk sarana jembatan masih menggunakan besi baja yang
dipasang secara manual.
Pada kenyataanya proses bongkar muat batubara yang ada di indonesia masih
menggunakan sistem manual untuk penghubung antara dermaga dengan kapal
tongkang. Maka dari itu dengan adanya proyek ini dimaksudkan agar lebih
mempermudah pengaplikasian proses bongkar muat batubara atau material angkut
lainnya kedalam kapal tongkang. Pada dasarnya perancangan ramp gate door ini ada
beberapa kapasitas beban yang dirancang, diantaranya ada yang berkapasitas 60 ton dan
30 ton. Ramp gate door yang kami rancang ini adalah ramp gate door dengan kapasitas
30 ton pada bagian desain mekanisme gate 3.
Dalam mekanisme gate 3 ini ada beberapa tahapan yang dilakukan agar proses
perancangan berjalan dengan lancar. Beberapa tahapan yang dilakukan tersebut adalah
Studi lapangan, Identifikasi Masalah, Pengumpulan data ramp gate door dan kendaraan,
Studi literature, Draft desain, Simulasi dan Detail desain.
Untuk sistem mekanisme gate 3 pada ramp gate door kapasitas 30 ton yang
memakai system penarikan dengan motor yang di hubungkan ke pulley pada king post
dan pulley pada gate 3 dengan media penghubung kawat baja/sling, ini dapat bergerak
keatas dan kebawah sesuai dengan posisi kapal tongkang, dan standard tanjakan/turunan
pada kendaraan bermuatan yaitu (±10º).</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15531/1/Tugas%20Akhir%20Nendi.pdf</identifier><identifier> Nendi Awaliansah, Alumni and FARID RIZAJANA, DS and ENDANG KADAR, DS (2016) DESAIN MEKANISME GATE 3 UNTUK RAMP GATE DOOR KAPASITAS 30 TON. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas. </identifier><relation>http://teknik.unpas.ac.id</relation><recordID>15531</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nendi Awaliansah, Alumni FARID RIZAJANA, DS ENDANG KADAR, DS |
title |
DESAIN MEKANISME GATE 3 UNTUK RAMP GATE DOOR KAPASITAS 30 TON |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/15531/1/Tugas%20Akhir%20Nendi.pdf http://repository.unpas.ac.id/15531/ http://teknik.unpas.ac.id |
contents |
Ramp Gate Door adalah jembatan penghubung antara dermaga ke kapal
tongkang, dan biasanya digunakan untuk memfasilitasi bongkar muat batu bara yang di
angkut dengan menggunakan truk untuk kemudian di bongkar dan dimasukan kedalam
kapal tongkang. Dibeberapa daerah, fasilitas ramp gate door masih jarang sekali di
jumpai, kebanyakan untuk sarana jembatan masih menggunakan besi baja yang
dipasang secara manual.
Pada kenyataanya proses bongkar muat batubara yang ada di indonesia masih
menggunakan sistem manual untuk penghubung antara dermaga dengan kapal
tongkang. Maka dari itu dengan adanya proyek ini dimaksudkan agar lebih
mempermudah pengaplikasian proses bongkar muat batubara atau material angkut
lainnya kedalam kapal tongkang. Pada dasarnya perancangan ramp gate door ini ada
beberapa kapasitas beban yang dirancang, diantaranya ada yang berkapasitas 60 ton dan
30 ton. Ramp gate door yang kami rancang ini adalah ramp gate door dengan kapasitas
30 ton pada bagian desain mekanisme gate 3.
Dalam mekanisme gate 3 ini ada beberapa tahapan yang dilakukan agar proses
perancangan berjalan dengan lancar. Beberapa tahapan yang dilakukan tersebut adalah
Studi lapangan, Identifikasi Masalah, Pengumpulan data ramp gate door dan kendaraan,
Studi literature, Draft desain, Simulasi dan Detail desain.
Untuk sistem mekanisme gate 3 pada ramp gate door kapasitas 30 ton yang
memakai system penarikan dengan motor yang di hubungkan ke pulley pada king post
dan pulley pada gate 3 dengan media penghubung kawat baja/sling, ini dapat bergerak
keatas dan kebawah sesuai dengan posisi kapal tongkang, dan standard tanjakan/turunan
pada kendaraan bermuatan yaitu (±10o). |
id |
IOS3183.15531 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2017-02-17T14:30:42Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:18:38Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044907705729024 |
score |
17.538404 |