DESAIN MEKANISME GATE 3 UNTUK RAMP GATE DOOR KAPASITAS 30 TON

Main Authors: Nendi Awaliansah, Alumni, FARID RIZAJANA, DS, ENDANG KADAR, DS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/15531/1/Tugas%20Akhir%20Nendi.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15531/
http://teknik.unpas.ac.id
ctrlnum 15531
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/15531/</relation><title>DESAIN MEKANISME GATE 3 UNTUK RAMP GATE DOOR KAPASITAS 30 TON</title><creator>Nendi Awaliansah, Alumni</creator><creator>FARID RIZAJANA, DS</creator><creator>ENDANG KADAR, DS</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Ramp Gate Door adalah jembatan penghubung antara dermaga ke kapal&#xD; tongkang, dan biasanya digunakan untuk memfasilitasi bongkar muat batu bara yang di&#xD; angkut dengan menggunakan truk untuk kemudian di bongkar dan dimasukan kedalam&#xD; kapal tongkang. Dibeberapa daerah, fasilitas ramp gate door masih jarang sekali di&#xD; jumpai, kebanyakan untuk sarana jembatan masih menggunakan besi baja yang&#xD; dipasang secara manual.&#xD; Pada kenyataanya proses bongkar muat batubara yang ada di indonesia masih&#xD; menggunakan sistem manual untuk penghubung antara dermaga dengan kapal&#xD; tongkang. Maka dari itu dengan adanya proyek ini dimaksudkan agar lebih&#xD; mempermudah pengaplikasian proses bongkar muat batubara atau material angkut&#xD; lainnya kedalam kapal tongkang. Pada dasarnya perancangan ramp gate door ini ada&#xD; beberapa kapasitas beban yang dirancang, diantaranya ada yang berkapasitas 60 ton dan&#xD; 30 ton. Ramp gate door yang kami rancang ini adalah ramp gate door dengan kapasitas&#xD; 30 ton pada bagian desain mekanisme gate 3.&#xD; Dalam mekanisme gate 3 ini ada beberapa tahapan yang dilakukan agar proses&#xD; perancangan berjalan dengan lancar. Beberapa tahapan yang dilakukan tersebut adalah&#xD; Studi lapangan, Identifikasi Masalah, Pengumpulan data ramp gate door dan kendaraan,&#xD; Studi literature, Draft desain, Simulasi dan Detail desain.&#xD; Untuk sistem mekanisme gate 3 pada ramp gate door kapasitas 30 ton yang&#xD; memakai system penarikan dengan motor yang di hubungkan ke pulley pada king post&#xD; dan pulley pada gate 3 dengan media penghubung kawat baja/sling, ini dapat bergerak&#xD; keatas dan kebawah sesuai dengan posisi kapal tongkang, dan standard tanjakan/turunan&#xD; pada kendaraan bermuatan yaitu (&#xB1;10&#xBA;).</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15531/1/Tugas%20Akhir%20Nendi.pdf</identifier><identifier> Nendi Awaliansah, Alumni and FARID RIZAJANA, DS and ENDANG KADAR, DS (2016) DESAIN MEKANISME GATE 3 UNTUK RAMP GATE DOOR KAPASITAS 30 TON. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas. </identifier><relation>http://teknik.unpas.ac.id</relation><recordID>15531</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nendi Awaliansah, Alumni
FARID RIZAJANA, DS
ENDANG KADAR, DS
title DESAIN MEKANISME GATE 3 UNTUK RAMP GATE DOOR KAPASITAS 30 TON
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/15531/1/Tugas%20Akhir%20Nendi.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15531/
http://teknik.unpas.ac.id
contents Ramp Gate Door adalah jembatan penghubung antara dermaga ke kapal tongkang, dan biasanya digunakan untuk memfasilitasi bongkar muat batu bara yang di angkut dengan menggunakan truk untuk kemudian di bongkar dan dimasukan kedalam kapal tongkang. Dibeberapa daerah, fasilitas ramp gate door masih jarang sekali di jumpai, kebanyakan untuk sarana jembatan masih menggunakan besi baja yang dipasang secara manual. Pada kenyataanya proses bongkar muat batubara yang ada di indonesia masih menggunakan sistem manual untuk penghubung antara dermaga dengan kapal tongkang. Maka dari itu dengan adanya proyek ini dimaksudkan agar lebih mempermudah pengaplikasian proses bongkar muat batubara atau material angkut lainnya kedalam kapal tongkang. Pada dasarnya perancangan ramp gate door ini ada beberapa kapasitas beban yang dirancang, diantaranya ada yang berkapasitas 60 ton dan 30 ton. Ramp gate door yang kami rancang ini adalah ramp gate door dengan kapasitas 30 ton pada bagian desain mekanisme gate 3. Dalam mekanisme gate 3 ini ada beberapa tahapan yang dilakukan agar proses perancangan berjalan dengan lancar. Beberapa tahapan yang dilakukan tersebut adalah Studi lapangan, Identifikasi Masalah, Pengumpulan data ramp gate door dan kendaraan, Studi literature, Draft desain, Simulasi dan Detail desain. Untuk sistem mekanisme gate 3 pada ramp gate door kapasitas 30 ton yang memakai system penarikan dengan motor yang di hubungkan ke pulley pada king post dan pulley pada gate 3 dengan media penghubung kawat baja/sling, ini dapat bergerak keatas dan kebawah sesuai dengan posisi kapal tongkang, dan standard tanjakan/turunan pada kendaraan bermuatan yaitu (±10o).
id IOS3183.15531
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2017-02-17T14:30:42Z
last_indexed 2017-07-10T03:18:38Z
recordtype dc
_version_ 1766044907705729024
score 17.538404