PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
ctrlnum |
15519 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/15519/</relation><title>PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI
DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE
PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI
TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>MISSY YUNIKE DESTIANA SIMARMATA, 125030150</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Paragraf persuasi adalah paragraf yang berisi meyakinkan orang lain yang bertujuan
untuk membujuk maupun meyakinkan orang lain untuk melakukan sesuatu dengan kehendak
kita. Model lightening the learning climate adalah model pembelajaran yang dapat membuat
suasana belajar meyenangkan dengan cara membuat humor yang berhubungan dengan maetri
pembelajaran.
Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1). Mampukah penulis merencanakan
dan melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan model
lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi?; (2).
mampukah siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mengikuti pembelajaran menulis paragraf
persuasi berdasarkan kriteria penulisan persuasi?; dan (3). efektifkah model lightening the
learning climate digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi di kelas X SMA
Pasundan 1 Cimahi.
Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1). penulis mampu merencanakan dan
melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan model
lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi; (2). Siswa kelas
X SMA Pasundan 1 Cimahi mampu mengikuti pembelajaran menulis paragraf persuasi
berdasarkan kriteria penulisan paragraf persuasi; dan (3). Model lightening the learning
climate efektif dugunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi di kelas X SMA
Pasundan 1 Cimahi.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen denganteknik
penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitiannya
sebagai berikut.
1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi
dengan menggunakan model lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA
Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,57 dan nilai
pelaksanaan sebesar 3,5.
2. Siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mampu menulis paragraf persuasi berdasarkan
kriteria penulisan paragraf persuasi dengan menggunakan model lightening the learning
climate. Hal ini terbukti dari rata-rata pretes yaitu 38,5 dan nilai rata-rata postes 68,75.
Jadi, selisih rata-rata pretes dan postes 30,45 atau setara dengan 30%.
3. Model lightening the learning climate efektif digunakan dalam pembelajaran menulis
paragraf persuasi pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil
perhitungan statistik dengan hasil thitung 8,54 ≥ 2,09 yakni pada tingkat kepercayaan 95%
dan d.b sebesar 27.
Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang
penulis rumuskan di dalam penelitian ini dapat diterima.
Kata kunci: Pembelajaran, menulis, persuasi, lightening the learning climate, paragraf.</description><date>2017-01-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/1/cover%2C%20lembar%20pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/2/abstrak%20indo.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/3/abstrak%20inggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/4/BAB%201%20%28hal%201%29%20docx.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/5/BAB%201%20.doc%20%282-11%29.doc%20fix.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/6/BAB%20II%20%28hal%2012%29.doc%20fix.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/7/BAB%20III%20%28hal%2028%29.doc%20fix.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/8/BAB%20IV.%2044-76.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/9/BAB%20V.doc%2077%20fix.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/10/daftar%20isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/11/DAFTAR%20PUSTAKA.doc%20fix.pdf</identifier><identifier> MISSY YUNIKE DESTIANA SIMARMATA, 125030150 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>15519</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MISSY YUNIKE DESTIANA SIMARMATA, 125030150 |
title |
PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI
DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE
PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI
TAHUN PELAJARAN 2015/2016 |
publishDate |
2017 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/15519/1/cover%2C%20lembar%20pengesahan.pdf http://repository.unpas.ac.id/15519/2/abstrak%20indo.pdf http://repository.unpas.ac.id/15519/3/abstrak%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/15519/4/BAB%201%20%28hal%201%29%20docx.pdf http://repository.unpas.ac.id/15519/5/BAB%201%20.doc%20%282-11%29.doc%20fix.pdf http://repository.unpas.ac.id/15519/6/BAB%20II%20%28hal%2012%29.doc%20fix.pdf http://repository.unpas.ac.id/15519/7/BAB%20III%20%28hal%2028%29.doc%20fix.pdf http://repository.unpas.ac.id/15519/8/BAB%20IV.%2044-76.pdf http://repository.unpas.ac.id/15519/9/BAB%20V.doc%2077%20fix.pdf http://repository.unpas.ac.id/15519/10/daftar%20isi.pdf http://repository.unpas.ac.id/15519/11/DAFTAR%20PUSTAKA.doc%20fix.pdf http://repository.unpas.ac.id/15519/ |
contents |
Paragraf persuasi adalah paragraf yang berisi meyakinkan orang lain yang bertujuan
untuk membujuk maupun meyakinkan orang lain untuk melakukan sesuatu dengan kehendak
kita. Model lightening the learning climate adalah model pembelajaran yang dapat membuat
suasana belajar meyenangkan dengan cara membuat humor yang berhubungan dengan maetri
pembelajaran.
Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1). Mampukah penulis merencanakan
dan melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan model
lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi?; (2).
mampukah siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mengikuti pembelajaran menulis paragraf
persuasi berdasarkan kriteria penulisan persuasi?; dan (3). efektifkah model lightening the
learning climate digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi di kelas X SMA
Pasundan 1 Cimahi.
Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1). penulis mampu merencanakan dan
melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan model
lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi; (2). Siswa kelas
X SMA Pasundan 1 Cimahi mampu mengikuti pembelajaran menulis paragraf persuasi
berdasarkan kriteria penulisan paragraf persuasi; dan (3). Model lightening the learning
climate efektif dugunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi di kelas X SMA
Pasundan 1 Cimahi.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen denganteknik
penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitiannya
sebagai berikut.
1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi
dengan menggunakan model lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA
Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,57 dan nilai
pelaksanaan sebesar 3,5.
2. Siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mampu menulis paragraf persuasi berdasarkan
kriteria penulisan paragraf persuasi dengan menggunakan model lightening the learning
climate. Hal ini terbukti dari rata-rata pretes yaitu 38,5 dan nilai rata-rata postes 68,75.
Jadi, selisih rata-rata pretes dan postes 30,45 atau setara dengan 30%.
3. Model lightening the learning climate efektif digunakan dalam pembelajaran menulis
paragraf persuasi pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil
perhitungan statistik dengan hasil thitung 8,54 ≥ 2,09 yakni pada tingkat kepercayaan 95%
dan d.b sebesar 27.
Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang
penulis rumuskan di dalam penelitian ini dapat diterima.
Kata kunci: Pembelajaran, menulis, persuasi, lightening the learning climate, paragraf. |
id |
IOS3183.15519 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2017-02-17T14:30:42Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:18:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044907670077440 |
score |
17.538404 |