ctrlnum 15519
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/15519/</relation><title>PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI&#xD; DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE&#xD; PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI&#xD; TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>MISSY YUNIKE DESTIANA SIMARMATA, 125030150</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Paragraf persuasi adalah paragraf yang berisi meyakinkan orang lain yang bertujuan&#xD; untuk membujuk maupun meyakinkan orang lain untuk melakukan sesuatu dengan kehendak&#xD; kita. Model lightening the learning climate adalah model pembelajaran yang dapat membuat&#xD; suasana belajar meyenangkan dengan cara membuat humor yang berhubungan dengan maetri&#xD; pembelajaran.&#xD; Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1). Mampukah penulis merencanakan&#xD; dan melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan model&#xD; lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi?; (2).&#xD; mampukah siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mengikuti pembelajaran menulis paragraf&#xD; persuasi berdasarkan kriteria penulisan persuasi?; dan (3). efektifkah model lightening the&#xD; learning climate digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi di kelas X SMA&#xD; Pasundan 1 Cimahi.&#xD; Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1). penulis mampu merencanakan dan&#xD; melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan model&#xD; lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi; (2). Siswa kelas&#xD; X SMA Pasundan 1 Cimahi mampu mengikuti pembelajaran menulis paragraf persuasi&#xD; berdasarkan kriteria penulisan paragraf persuasi; dan (3). Model lightening the learning&#xD; climate efektif dugunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi di kelas X SMA&#xD; Pasundan 1 Cimahi.&#xD; Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen denganteknik&#xD; penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitiannya&#xD; sebagai berikut.&#xD; 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi&#xD; dengan menggunakan model lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA&#xD; Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,57 dan nilai&#xD; pelaksanaan sebesar 3,5.&#xD; 2. Siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mampu menulis paragraf persuasi berdasarkan&#xD; kriteria penulisan paragraf persuasi dengan menggunakan model lightening the learning&#xD; climate. Hal ini terbukti dari rata-rata pretes yaitu 38,5 dan nilai rata-rata postes 68,75.&#xD; Jadi, selisih rata-rata pretes dan postes 30,45 atau setara dengan 30%.&#xD; 3. Model lightening the learning climate efektif digunakan dalam pembelajaran menulis&#xD; paragraf persuasi pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil&#xD; perhitungan statistik dengan hasil thitung 8,54 &#x2265; 2,09 yakni pada tingkat kepercayaan 95%&#xD; dan d.b sebesar 27.&#xD; Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang&#xD; penulis rumuskan di dalam penelitian ini dapat diterima.&#xD; Kata kunci: Pembelajaran, menulis, persuasi, lightening the learning climate, paragraf.</description><date>2017-01-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/1/cover%2C%20lembar%20pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/2/abstrak%20indo.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/3/abstrak%20inggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/4/BAB%201%20%28hal%201%29%20docx.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/5/BAB%201%20.doc%20%282-11%29.doc%20fix.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/6/BAB%20II%20%28hal%2012%29.doc%20fix.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/7/BAB%20III%20%28hal%2028%29.doc%20fix.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/8/BAB%20IV.%2044-76.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/9/BAB%20V.doc%2077%20fix.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/10/daftar%20isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15519/11/DAFTAR%20PUSTAKA.doc%20fix.pdf</identifier><identifier> MISSY YUNIKE DESTIANA SIMARMATA, 125030150 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>15519</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MISSY YUNIKE DESTIANA SIMARMATA, 125030150
title PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
publishDate 2017
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/15519/1/cover%2C%20lembar%20pengesahan.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15519/2/abstrak%20indo.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15519/3/abstrak%20inggris.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15519/4/BAB%201%20%28hal%201%29%20docx.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15519/5/BAB%201%20.doc%20%282-11%29.doc%20fix.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15519/6/BAB%20II%20%28hal%2012%29.doc%20fix.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15519/7/BAB%20III%20%28hal%2028%29.doc%20fix.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15519/8/BAB%20IV.%2044-76.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15519/9/BAB%20V.doc%2077%20fix.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15519/10/daftar%20isi.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15519/11/DAFTAR%20PUSTAKA.doc%20fix.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15519/
contents Paragraf persuasi adalah paragraf yang berisi meyakinkan orang lain yang bertujuan untuk membujuk maupun meyakinkan orang lain untuk melakukan sesuatu dengan kehendak kita. Model lightening the learning climate adalah model pembelajaran yang dapat membuat suasana belajar meyenangkan dengan cara membuat humor yang berhubungan dengan maetri pembelajaran. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1). Mampukah penulis merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan model lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi?; (2). mampukah siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mengikuti pembelajaran menulis paragraf persuasi berdasarkan kriteria penulisan persuasi?; dan (3). efektifkah model lightening the learning climate digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi di kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1). penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan model lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi; (2). Siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mampu mengikuti pembelajaran menulis paragraf persuasi berdasarkan kriteria penulisan paragraf persuasi; dan (3). Model lightening the learning climate efektif dugunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi di kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen denganteknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan model lightening the learning climate pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,57 dan nilai pelaksanaan sebesar 3,5. 2. Siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi mampu menulis paragraf persuasi berdasarkan kriteria penulisan paragraf persuasi dengan menggunakan model lightening the learning climate. Hal ini terbukti dari rata-rata pretes yaitu 38,5 dan nilai rata-rata postes 68,75. Jadi, selisih rata-rata pretes dan postes 30,45 atau setara dengan 30%. 3. Model lightening the learning climate efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung 8,54 ≥ 2,09 yakni pada tingkat kepercayaan 95% dan d.b sebesar 27. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan di dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: Pembelajaran, menulis, persuasi, lightening the learning climate, paragraf.
id IOS3183.15519
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2017-02-17T14:30:42Z
last_indexed 2017-07-10T03:18:36Z
recordtype dc
_version_ 1766044907670077440
score 17.538404