PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI RANGKA MANUSIA ( Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Ekapraseti a Kp. Sukaj adi Ds. W e ning galih Kec. Sindangkerta Kab. Bandung Barat Tahun Ajaran 2016 /2017 ) SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar oleh DIAN FAJAR NUGRAHA 11 5060 156 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2017
ctrlnum |
15512 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/15512/</relation><title>PENGGUNAAN 
MODEL
PROBLEM BASED
LEARNING
UNTUK MENINGKATKAN 
AKTIVITAS
DAN HASIL 
BELAJAR
SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA 
PADA MATERI RANGKA MANUSIA
(
Penelitian Tindakan Kelas 
di SD Negeri Ekapraseti
a
Kp. Sukaj
adi Ds. 
W
e
ning
galih Kec. Sindangkerta Kab. Bandung Barat Tahun Ajaran
2016
/2017
)
SKRIPSI
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana 
Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
oleh
DIAN FAJAR NUGRAHA
11
5060
156
PENDIDIKAN 
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PASUNDAN 
BANDUNG
2017</title><creator>DIAN FAJAR NUGRAHA, 11 5060 156</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>ABSTRAK
Oleh
Dian Fajar Nugraha
115060156
Penelitian Tindakan Kela
s 
ini dilaksanakan di SD Negeri
Ekaprasetia dengan 
subjek penelitian adalah kelas IV. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini 
adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran 
IPA.
Pada penelitian ini, 
peneliti mengambil materi rangka manusia dengan 
meng
gunakan model problem based learning dalam pembelajarannya. 
Penei
li
tian 
dilakakuan sebanyak dua siklus dengan tiga peretemuan pada setiap siklusnya. 
Objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ekaprasetia dengan jumlah 28 
orang yang terdiri atas 10 la
ki
-
laki dan 18 orang perempuan, adapun instrumen yang 
dipakai dalam penelitian kali ini adalah lembar kerja siswa dan lembar evaluasi 
hasil belajar siswa. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, 
lembar instrument dan hasil wawancara.
Da
ri hasil penelitian tindakan kelas yang 
dilaksanakan presentase 
aktivitas dan 
hasil belajar siswa menggunakan model 
problem based learning mengalami pen
ingkatan dalam setiap siklusnya. Utnuk 
persentase peningkatan akivitas belajar siswa 
pada siklus I sebes
ar 
45% siswa aktif, 
dan pada 
siklus II 
90% siswa aktif, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada 
siklus 
I
sebesar
57%, dan pada siklus II sebesr 89%
. Nilai rata
-
rata dalam hasil 
belajar pun mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya pada siklus I n
ilai rata
-
rata sebesar 
68 
(
cukup
), pada siklus II nilai rata
-
rata sebesar 
78 (baik)
. Dengan 
demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan model p
roblem based learning 
pada pembelajaran IPA
dalam materi 
rangka manusia
dapat meningkatkan 
aktivitas 
dan 
hasil
belajar siswa.
Kata Kunci : Model 
problem based learning
dalam pembelajaran IP
A
mengenai 
rangka manusia
.</description><date>2017-01-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15512/2/abstrak%20%28indonesia%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15512/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15512/3/abstrak%20%28Inggris%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15512/4/abstrak%20%28sunda%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15512/5/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15512/6/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15512/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> DIAN FAJAR NUGRAHA, 11 5060 156 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI RANGKA MANUSIA ( Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Ekapraseti a Kp. Sukaj adi Ds. W e ning galih Kec. Sindangkerta Kab. Bandung Barat Tahun Ajaran 2016 /2017 ) SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar oleh DIAN FAJAR NUGRAHA 11 5060 156 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>15512</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
DIAN FAJAR NUGRAHA, 11 5060 156 |
title |
PENGGUNAAN
MODEL
PROBLEM BASED
LEARNING
UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS
DAN HASIL
BELAJAR
SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA
PADA MATERI RANGKA MANUSIA
(
Penelitian Tindakan Kelas
di SD Negeri Ekapraseti
a
Kp. Sukaj
adi Ds.
W
e
ning
galih Kec. Sindangkerta Kab. Bandung Barat Tahun Ajaran
2016
/2017
)
SKRIPSI
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana
Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
oleh
DIAN FAJAR NUGRAHA
11
5060
156
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PASUNDAN
BANDUNG
2017 |
publishDate |
2017 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/15512/2/abstrak%20%28indonesia%29.pdf http://repository.unpas.ac.id/15512/1/Cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/15512/3/abstrak%20%28Inggris%29.pdf http://repository.unpas.ac.id/15512/4/abstrak%20%28sunda%29.pdf http://repository.unpas.ac.id/15512/5/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/15512/6/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/15512/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/15512/ |
contents |
ABSTRAK
Oleh
Dian Fajar Nugraha
115060156
Penelitian Tindakan Kela
s
ini dilaksanakan di SD Negeri
Ekaprasetia dengan
subjek penelitian adalah kelas IV. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini
adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
IPA.
Pada penelitian ini,
peneliti mengambil materi rangka manusia dengan
meng
gunakan model problem based learning dalam pembelajarannya.
Penei
li
tian
dilakakuan sebanyak dua siklus dengan tiga peretemuan pada setiap siklusnya.
Objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ekaprasetia dengan jumlah 28
orang yang terdiri atas 10 la
ki
-
laki dan 18 orang perempuan, adapun instrumen yang
dipakai dalam penelitian kali ini adalah lembar kerja siswa dan lembar evaluasi
hasil belajar siswa. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes,
lembar instrument dan hasil wawancara.
Da
ri hasil penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan presentase
aktivitas dan
hasil belajar siswa menggunakan model
problem based learning mengalami pen
ingkatan dalam setiap siklusnya. Utnuk
persentase peningkatan akivitas belajar siswa
pada siklus I sebes
ar
45% siswa aktif,
dan pada
siklus II
90% siswa aktif, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada
siklus
I
sebesar
57%, dan pada siklus II sebesr 89%
. Nilai rata
-
rata dalam hasil
belajar pun mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya pada siklus I n
ilai rata
-
rata sebesar
68
(
cukup
), pada siklus II nilai rata
-
rata sebesar
78 (baik)
. Dengan
demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan model p
roblem based learning
pada pembelajaran IPA
dalam materi
rangka manusia
dapat meningkatkan
aktivitas
dan
hasil
belajar siswa.
Kata Kunci : Model
problem based learning
dalam pembelajaran IP
A
mengenai
rangka manusia
. |
id |
IOS3183.15512 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2017-02-17T14:30:42Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:18:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044907647008768 |
score |
17.538404 |