PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI RANGKA MANUSIA ( Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Ekapraseti a Kp. Sukaj adi Ds. W e ning galih Kec. Sindangkerta Kab. Bandung Barat Tahun Ajaran 2016 /2017 ) SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar oleh DIAN FAJAR NUGRAHA 11 5060 156 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2017

Main Author: DIAN FAJAR NUGRAHA, 11 5060 156
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/15512/2/abstrak%20%28indonesia%29.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15512/1/Cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15512/3/abstrak%20%28Inggris%29.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15512/4/abstrak%20%28sunda%29.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15512/5/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15512/6/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15512/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15512/
ctrlnum 15512
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/15512/</relation><title>PENGGUNAAN &#xD; MODEL&#xD; PROBLEM BASED&#xD; LEARNING&#xD; UNTUK MENINGKATKAN &#xD; AKTIVITAS&#xD; DAN HASIL &#xD; BELAJAR&#xD; SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA &#xD; PADA MATERI RANGKA MANUSIA&#xD; (&#xD; Penelitian Tindakan Kelas &#xD; di SD Negeri Ekapraseti&#xD; a&#xD; Kp. Sukaj&#xD; adi Ds. &#xD; W&#xD; e&#xD; ning&#xD; galih Kec. Sindangkerta Kab. Bandung Barat Tahun Ajaran&#xD; 2016&#xD; /2017&#xD; )&#xD; SKRIPSI&#xD; Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana &#xD; Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar&#xD; oleh&#xD; DIAN FAJAR NUGRAHA&#xD; 11&#xD; 5060&#xD; 156&#xD; PENDIDIKAN &#xD; GURU SEKOLAH DASAR&#xD; FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN&#xD; UNIVERSITAS PASUNDAN &#xD; BANDUNG&#xD; 2017</title><creator>DIAN FAJAR NUGRAHA, 11 5060 156</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>ABSTRAK&#xD; Oleh&#xD; Dian Fajar Nugraha&#xD; 115060156&#xD; Penelitian Tindakan Kela&#xD; s &#xD; ini dilaksanakan di SD Negeri&#xD; Ekaprasetia dengan &#xD; subjek penelitian adalah kelas IV. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini &#xD; adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran &#xD; IPA.&#xD; Pada penelitian ini, &#xD; peneliti mengambil materi rangka manusia dengan &#xD; meng&#xD; gunakan model problem based learning dalam pembelajarannya. &#xD; Penei&#xD; li&#xD; tian &#xD; dilakakuan sebanyak dua siklus dengan tiga peretemuan pada setiap siklusnya. &#xD; Objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ekaprasetia dengan jumlah 28 &#xD; orang yang terdiri atas 10 la&#xD; ki&#xD; -&#xD; laki dan 18 orang perempuan, adapun instrumen yang &#xD; dipakai dalam penelitian kali ini adalah lembar kerja siswa dan lembar evaluasi &#xD; hasil belajar siswa. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, &#xD; lembar instrument dan hasil wawancara.&#xD; Da&#xD; ri hasil penelitian tindakan kelas yang &#xD; dilaksanakan presentase &#xD; aktivitas dan &#xD; hasil belajar siswa menggunakan model &#xD; problem based learning mengalami pen&#xD; ingkatan dalam setiap siklusnya. Utnuk &#xD; persentase peningkatan akivitas belajar siswa &#xD; pada siklus I sebes&#xD; ar &#xD; 45% siswa aktif, &#xD; dan pada &#xD; siklus II &#xD; 90% siswa aktif, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada &#xD; siklus &#xD; I&#xD; sebesar&#xD; 57%, dan pada siklus II sebesr 89%&#xD; . Nilai rata&#xD; -&#xD; rata dalam hasil &#xD; belajar pun mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya pada siklus I n&#xD; ilai rata&#xD; -&#xD; rata sebesar &#xD; 68 &#xD; (&#xD; cukup&#xD; ), pada siklus II nilai rata&#xD; -&#xD; rata sebesar &#xD; 78 (baik)&#xD; . Dengan &#xD; demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan model p&#xD; roblem based learning &#xD; pada pembelajaran IPA&#xD; dalam materi &#xD; rangka manusia&#xD; dapat meningkatkan &#xD; aktivitas &#xD; dan &#xD; hasil&#xD; belajar siswa.&#xD; Kata Kunci : Model &#xD; problem based learning&#xD; dalam pembelajaran IP&#xD; A&#xD; mengenai &#xD; rangka manusia&#xD; .</description><date>2017-01-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15512/2/abstrak%20%28indonesia%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15512/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15512/3/abstrak%20%28Inggris%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15512/4/abstrak%20%28sunda%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15512/5/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15512/6/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/15512/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> DIAN FAJAR NUGRAHA, 11 5060 156 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI RANGKA MANUSIA ( Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Ekapraseti a Kp. Sukaj adi Ds. W e ning galih Kec. Sindangkerta Kab. Bandung Barat Tahun Ajaran 2016 /2017 ) SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar oleh DIAN FAJAR NUGRAHA 11 5060 156 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>15512</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DIAN FAJAR NUGRAHA, 11 5060 156
title PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI RANGKA MANUSIA ( Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Ekapraseti a Kp. Sukaj adi Ds. W e ning galih Kec. Sindangkerta Kab. Bandung Barat Tahun Ajaran 2016 /2017 ) SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar oleh DIAN FAJAR NUGRAHA 11 5060 156 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG 2017
publishDate 2017
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/15512/2/abstrak%20%28indonesia%29.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15512/1/Cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15512/3/abstrak%20%28Inggris%29.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15512/4/abstrak%20%28sunda%29.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15512/5/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15512/6/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15512/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/15512/
contents ABSTRAK Oleh Dian Fajar Nugraha 115060156 Penelitian Tindakan Kela s ini dilaksanakan di SD Negeri Ekaprasetia dengan subjek penelitian adalah kelas IV. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Pada penelitian ini, peneliti mengambil materi rangka manusia dengan meng gunakan model problem based learning dalam pembelajarannya. Penei li tian dilakakuan sebanyak dua siklus dengan tiga peretemuan pada setiap siklusnya. Objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ekaprasetia dengan jumlah 28 orang yang terdiri atas 10 la ki - laki dan 18 orang perempuan, adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah lembar kerja siswa dan lembar evaluasi hasil belajar siswa. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar instrument dan hasil wawancara. Da ri hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning mengalami pen ingkatan dalam setiap siklusnya. Utnuk persentase peningkatan akivitas belajar siswa pada siklus I sebes ar 45% siswa aktif, dan pada siklus II 90% siswa aktif, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 57%, dan pada siklus II sebesr 89% . Nilai rata - rata dalam hasil belajar pun mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya pada siklus I n ilai rata - rata sebesar 68 ( cukup ), pada siklus II nilai rata - rata sebesar 78 (baik) . Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan model p roblem based learning pada pembelajaran IPA dalam materi rangka manusia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model problem based learning dalam pembelajaran IP A mengenai rangka manusia .
id IOS3183.15512
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2017-02-17T14:30:42Z
last_indexed 2017-07-10T03:18:36Z
recordtype dc
_version_ 1766044907647008768
score 17.538404