PENGGUNAAN MODEL INKUIRI DENGAN MEDIA FILM DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA RAKYAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS V SDN PASEH 2 KECAMATAN PASEH, KABUPATEN SUMEDANG (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Paseh 2 Kec. Paseh Kab. Sumedang Tahun Ajaran 2015/2016)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kemampuan menyimak pelajaran pada siswa kelas V SDN Paseh 2 yang rendah pada pelajaran bahasa Indonesia dikarenakan proses belajar mengajar yang kurang menarik, sehingga membuat kemampuan menyimak siswa rendah. Rumusan masalah yang akan diteliti meliputi kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 sebelum menggunakan media film dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat, langkah-langkah penggunaan model dan media, serta kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 setelah menggunakan model inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 sebelum menggunakan model inkuiri dengan media film dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat, langkah-langkah penggunaan model inkuiri dan media dalam pembelajaran, serta kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Paseh 2 setelah menggunakan model inkuiri dengan media film. Metode penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Objek dari penelitian adalah siswa kelas V SDN Paseh 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah lembar tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian pada tahap pra siklus yaitu 80% siswa belum tuntas, dan 20% siswa sudah tuntas. Hasil dari aktivitas siswa pada siklus I ada 5 siswa dan siklus II ada 31 siswa yang dinyatakan tuntas. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 78% dan siklus II 93%, sedangkan hasil tes menyimak pelajaran dari siswa kelas V SDN Paseh 2 pada siklus I mencapai 40% yang tuntas dan siklus II mencapai 83% yang tuntas. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model inkuiri dinyatakan berhasil. Kata kunci: Model pembelajaran inkuiri, kemampuan menyimak, media film.