PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA (Penelitian Tidakan Kelas Pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rongga Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) pada pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Rongga dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 6 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai ratarata dari hasil tes belajar. Pada penilaian hasil belajar siklus 1 rata-rata nilai mencapai 56% sedangkan penilaian hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 68% sedangkan penilaian hasil belajar siklus 3 rata-rata nilai mencapai 84%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan keanekaragaman suku bangsa di kelas IV SDN Rongga, Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together), hasil belajar.