PENGGUNAAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA BERALASAN UNTUK MENILAI PENALARAN SISWA SMA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penggunaan instrumen tes diagnostik dalam mengungkap tingkat penalaran siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Pasundan 7 Bandung. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA Pasundan 7 Bandung, yaitu kelas XII IPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang telah menerima materi tentang sistem ekskresi sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriftif Kualitatif dengan desain cluster random sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik pilihan ganda beralasan yang mengukur tingkat penalaran berupa 20 soal pilihan ganda beralasan yang disesuaikan dengan indikator tingkat penalaran yang sudah ada. Setelah dilakukan penelitian, peneliti melanjutkan dengan analisis penilaian penalaran siswa berdasarkan hasil tes dan diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 62 yang menunjukan bahwa tingkat penalaran siswa berada pada tingkat penalaran menengah dengan pola melakukan penalaran dengan benar, melakukan penalaran dengan salah, dan tidak melakukan penalaran. Hasil pengolahan data penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis dari peneliti adalah benar, hal ini menunjukan bahwa penggunaaan tes diagnostic pilihan ganda beralasan mampu mengungkap penalaran siswa. Kata Kunci : Penalaran, Tes Diagnostik, Ekskresi.