Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tilil 1 Bandung pada sub tema I macam-macam sumber energi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis kolaborasi. Peneliti bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas IV sebagai observer. PTK ini terdiri dari dua siklus, siklus I sampai dengan siklus II dilakukan dalam enam kali pertemuan. Kreteria keberhasilan penelitian ini terbagi kedalam dua jenis, yaitu keberhasilan proses dan keberhasilan hasil. Keberhasilan proses yaitu jika perencanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran mencapai persentase 85%. Sedangkan keberhasilan hasil yaitu jika aktifitas belajar siswa keseluruhan siswa yang meliputi kognitif, afektif dan psikomotor mencapai persentase 85% dari jumlah siswa kelas IV yang mencapai kreteria Ketuntasan Minimal (KKM= 75). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model discovery learning pada sub tema I macam-macam sumber energi dapat menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa di kelas IV. Hal ini ditunjukan dengan hasil aktifitas belajar siswa dan hasil afektif pembelajaran pada setiap siklusnya. Peningkatan hasil aktifitas belajar siswa dan hasil belajar secara keseluruhan adalah sebagai berikut: RPP siklus I sebesar 77,41, 80,64%, dan 83, 87% dengan rata – rata 80,32%. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 83,87%, 87,09%, dan 93,54% dengan rata – rata 88,17%. Berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning pada subtema I macam-macam sumber energi dapat menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Tilil 1 Kota Bandung. Kata kunci:discovery learning, sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa.