Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Tegallega pada subtema Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka dengan menggunakan model Examples Non Examples. Penelitian ini didasari dari kurangnya keaktivan siswa di kelas sehingga berdampak pada hasil belajar yang cenderung rendah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik evaluasi yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Examples Non Examples berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan persentase aktivitas belajar pada siklus I 67,3% dan meningkat menjadi 92% pada siklus II. Sedangkan pada hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 56,03% meningkat menjadi 89,5% pada siklus II. Adapun hambatan dalam menerapkan model Examples Non Examples adalah tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk gambar, dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi hambatan tersebut adalah guru harus mampu memaksimalkan penggunaan gambar dalam pembelajaran serta dapat mengefektifkan dan mengefesienkan penggunaan waktu dengan baik. Dengan demikian, penggunaan model Examples Non Examples dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran lainnya. Penggunaan model Examples Non Examples terbukti sangat berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa Kata Kunci: Examples Non Examples, Aktivitas, Hasil Belajar