Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV terhadap pembelajaran tema Indahnya Kebersamaan subtema Bersyukur Atas Keberagaman yang dilator belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Pindad 3, sebanyak 37 orang terdiri dari 22 laki-laki dan 15 orang perempuan. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 27 orang atau sebesar 72% dari 37 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang atau sebesar 28% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM 32 orang atau sebesar 87% dari 37 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 5 orang atau sebesar 13% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Inquiry Based Learning tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pindad 3 pada tema Indahnya Kebersamaan Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Kata Kunci: Inquiry Based Learning, Picture and Picture, Hasil Belajar.