PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP BUDAYA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU SMP DARUL MUSYAWIRIN KABUPATEN CIREBON

Main Author: Zuhri Zurgobban, NPM. 148020007
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/1531/1/ZUHRI%20ZURGOBBAN.docx
http://repository.unpas.ac.id/1531/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya sekolah dan kompetensi guru implikasinya pada kinerja guru baik secara parsial maupun simultan, dengan respondenya adalah guru SMP Darul Musyawirin Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi dengan metode penelitian yaitu metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan memaparkan tentang ciri-ciri variabel kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, kompetrensi guru dan kinerja guru, sedangkan untuk menjelaskan hubungan antar variabel digunakan metode verifikatif melalui suatu pengujian hipotesis dengan menggunakan perhitungan statistic. Instrument utama penelitian adalah kuesioner yang diuji validitasnya menggunakan korelasi product moment pearson dan reliabilitasnya dengan menggunakan metode cronbach’s alpha. Verifikasi hipotesis pengaruh antar variabel menggunakan analisis jalur (path analysis), sedangkan untuk pengujian signifikansi digunakan uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, dan kinerja guru dalam keadaan kurang baik sedangkan kompetensi guru dalam keadaan baik. Hasil analisis verifikatif Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Budaya Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Kompetensi, Budaya Sekolah berpengaruh terhadap Kinerja Guru, Kompetensi Guru berpengaruh terhadap Kinerja Guru, Budaya Sekolah dan Kompetensi Guru secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Guru. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Kompetensi Guru dan Kinerja Guru.