Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis serta Mengurangi Kecemasan Matematis Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP

Main Author: Rendi Muligar, NPM.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/14188/1/Artikel%20Rendi%20Muligar.docx
http://repository.unpas.ac.id/14188/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpkir kritis dan representasi matematis serta mengurangi kecemasan matematis ditinjau dari perbedaan Gender Siswa SMP. Model yang diterapkan dalam pembelajaran adalah Accelerated Learning Cycle. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang siswa yang duduk di kelas VII di SMP 2 Negeri Lengkong. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis serta kecemasan matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model Accelerated Learning Cycle lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model konvensional, gambaran peningkatan kemampuan berpikir kritis, representasi matematis dan kecemasan matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model Accelerated Learning Cycle lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model konvensional, terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan representasi matematis siswa, tidak terdapat korelasi antara kecemasan matematis dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, terdapat korelasi antara kecemasan matematis siswa dengan kemampuan representasi matematis siswa.