PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENANGANAN INSIDEN PADA JARINGAN STUDI KASUS DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN
Main Authors: | YUHSYAR HARIWIJAYA, 123040036, Iwan Kurniawan, DS, Ferry Mulyanto, DS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/14185/1/Cover_dll_123040036.pdf http://repository.unpas.ac.id/14185/2/Abstrak_12340036.pdf http://repository.unpas.ac.id/14185/3/Bab1_123040036.pdf http://repository.unpas.ac.id/14185/ http://teknik.unpas.ac.id |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Insiden jaringan merupakan sebuah kejadian yang bisa menyebabkan interupsi atau pengurangan kualitas dari layanan IT. Dalam pengelolaan jaringan internet di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Pasundan bandung, salah satu proses yang mungkin terjadi adalah terjadinya sebuah insiden yang terjadi pada jaringan, dengan adanya Help Desk dan dukungan dari staf TI membuat insiden tersebut dapat di selesaikan, namun perkembangan pengguna tidak sejalan dengan perkembangan system yang ada saat ini, semakin banyak perangkat keras komputer dan jaringan yang ditangani berikut aplikasi system informasi yang di gunakan, memaksa agar waktu penanganan insiden dapat dimaksimalkan, serta tingginya ketergantungan kepada staff teknis tertentu, membuat dokumentasi mengenai menajemen insiden seperti SOP yang terstandar sangatlah penting. Pembuatan SOP penanganan insiden pada jaringan diawali dengan melakukan pengumpulan informasi dan analisis melalui penelaahan dokumen-dokumen, studi literature mengenai framework ITIL tepatnya di Service Operation 4.2. Analisis dilakukan untuk menyempurnakan proses dalam penanganan insiden yang sudah ada, setelah dokumen dibuat, langkah selanjutnya yaitu memverifikasi langkah-langkah dari dokumen tersebut, setelah langkah verifikasi selesai maka di lakukan penyusunan dokumen SOP untuk mengetahui penanganan insiden tersebut apakah sudah terpenuhi. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi SOP penanganan insiden pada jaringan berdasarkan kerangka kerja IT-IL versi 3 tahun 2011. Dokumen ini diperlukan untuk dijadikan standar atau acuan dalam penanganan insiden, mengurangi miskomunikasi antara pihak yang sedang menangani insiden, dan meminimalisir kesalahan dalam penanganan insiden. Selain itu dokumen SOP ini dapat memberikan kemudahan bagi pihak menajemen untuk mengukur pencapaian setiap aktifitas dalam penanganan insiden. Kata Kunci : SOP, framework ITIL, Manajemen Insiden.