MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA SELF REGULATED LEARNING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E SISWA MADRASAH ALIYAH

Main Author: Dian Permana, NPM. 148060022
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/14175/1/ARTIKEL_DIAN%20PERMANA_MPM%20%2814806022%29.docx
http://repository.unpas.ac.id/14175/
ctrlnum 14175
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/14175/</relation><title>MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA SELF REGULATED LEARNING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E SISWA MADRASAH ALIYAH</title><creator>Dian Permana, NPM. 148060022</creator><subject>RESEARCH REPORT</subject><description>Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dan koneksi matematis serta self regulated learning siswa melalui model pembelajaran learning cycle 5E. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen di MA PONPES Cipari Kabupaten Garut. Metode penelitiannya adalah mix method theem bedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA PONPES Cipari, dengan teknik sampling jenuh, sehingga diperoleh 25 siswa kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol, dan 25 siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pemahaman dan koneksi matematis serta skala self regulated learning siswa. Analisis statistik yang dilakukan adalah Independent Sample t-test, Uji Mann Whitney, Uji ANOVA dua jalur dan Uji Korelasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan dan Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa (tinggi, sedang, rendah); (2) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan dan Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa (tinggi, sedang, rendah); (3) self regulated learning siswa yang belajar dengan pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada dengan pembelajaran konvensional; (4) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman dan koneksi matematis siswa serta self regulated learning.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Koneksi Matematis,Self Regulated Learning, Model Pembelajaran Learning Cycle 5E.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/14175/1/ARTIKEL_DIAN%20PERMANA_MPM%20%2814806022%29.docx</identifier><identifier> Dian Permana, NPM. 148060022 (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA SELF REGULATED LEARNING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E SISWA MADRASAH ALIYAH. Thesis(S2) thesis, UNPAS. </identifier><recordID>14175</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dian Permana, NPM. 148060022
title MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA SELF REGULATED LEARNING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E SISWA MADRASAH ALIYAH
publishDate 2016
isbn 9782814806023
topic RESEARCH REPORT
url http://repository.unpas.ac.id/14175/1/ARTIKEL_DIAN%20PERMANA_MPM%20%2814806022%29.docx
http://repository.unpas.ac.id/14175/
contents Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dan koneksi matematis serta self regulated learning siswa melalui model pembelajaran learning cycle 5E. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen di MA PONPES Cipari Kabupaten Garut. Metode penelitiannya adalah mix method theem bedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA PONPES Cipari, dengan teknik sampling jenuh, sehingga diperoleh 25 siswa kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol, dan 25 siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pemahaman dan koneksi matematis serta skala self regulated learning siswa. Analisis statistik yang dilakukan adalah Independent Sample t-test, Uji Mann Whitney, Uji ANOVA dua jalur dan Uji Korelasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan dan Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa (tinggi, sedang, rendah); (2) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan dan Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa (tinggi, sedang, rendah); (3) self regulated learning siswa yang belajar dengan pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada dengan pembelajaran konvensional; (4) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman dan koneksi matematis siswa serta self regulated learning. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Koneksi Matematis,Self Regulated Learning, Model Pembelajaran Learning Cycle 5E.
id IOS3183.14175
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2017-02-17T14:30:16Z
last_indexed 2017-07-10T03:18:18Z
recordtype dc
_version_ 1766044903731625984
score 17.538404