PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SERTA PENGEMBANGAN DISPOSISI SISWA SMP

Main Author: SERA SANI VERANA, NPM. 148060049
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/14161/1/Artikel%20Ilmiah%20Sera%20148060049.docx
http://repository.unpas.ac.id/14161/
Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah, Disposisi siswa masih kurang baik terhadap pembelajaran matematika. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang lebih memusatkan pada siswa agar lebih aktif dan kreatif dalam berpikir pada kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis, salah satunya yang diasumsikan dapat meningkatkanya yaitu model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional serta ingin mengetahui Disposisi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode campuran (mixed method) ) tipe penyisipan (Embedded Design). Instrumen yang digunakan tes kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa berupa soal uraian yang terdiri dari Tujuh butir soal selain itu juga diperkuat dengan Angket, wawancara dan lebar observasi untuk mendukung hasil tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 3 SUKARATU, sedangkan sampel diambil secara acak menurut kelas terpilih kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas kontrol diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan Uji perbedaan dua rata-rata, Uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis dan hasil pengolahan data diperoleh simpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik pada kelas Eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional serta Disposisi belajar Siswa lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Kata Kunci : Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) , Kemampuan Pemecahan masalah, kemampuan komunikasi matematis dan Disposisi Belajar