Daftar Isi:
  • Yani Iryani, 075060053, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan melalui Pembelajaran Remedial (pembelajaran ulang) pada siswa Kelas III SDN Cimanggung III Sumedang Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan, untuk meningkatkan aktivitas siswa dan guru selama Proses Belajar Mengajar. Belum tuntasnya sebagian siswa dalam materi pecahan sehingga belum tercapainya KKM yang telah ditentukan sebagai masalah yang harus dipecahkan melalui pembelajaran remedial (pembelajaran ulang). Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan instrumen penelitian yaitu tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, lembar observasi untuk mengetahui, menganalisis, dan merefleksi setiap tahapan tindakan pembelajaran, dan lembar wawancara untuk memperoleh informasi tentang kesulitan yang dialami siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran remedial (pembelajaran ulang) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan aktivitas siswa selama pambalajaran berlangsung. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah karena pembelajaran remedial (pembelajaran ulang) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa, maka pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Remedial, Hasil Belajar, Pecahan.