PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP BENDA DAN SIFATNYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tarikolot Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan konsep benda dan sifatnya di kelas V SDN Tarikolot dengan menggunakan metode pembelajaran discovery learning. Hal tersebut didasari oleh kurangnya partisipasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung yang berimbas kepada prestasi hasil belajar siswa yang kurang pula. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan lembar aktivitas siswa. Teknik tes untuk mengetahui prestasi hasil belajar siswa, dan lembar aktivitas siswa untuk mengetahui aktivitas aktif belajar siswa. Sedangkan instumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar observasi siswa dan guru dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal sampai siklus II, yaitu pada data awal 56,1, siklus I 74,2, siklus II 85,9,. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran discovery learning sangat menunjang terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan konsep benda dan sifatnya di kelas V sekolah dasar. Hal ini disebabkan dalam penerapan metode pembelajaran discovery learning, siswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran, dapat menerima keragaman, dapat mengembangkan keterampilan sosial. Kata kunci: Metode Discovery Learning dan hasil belajar siswa.