MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS IV SDN FLORIDA KECAMATAN PULOMERAK KOTA CILEGON
Daftar Isi:
- Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok di berbagai jenjang pendidikan, salah satunya di Sekolah Dasar. Namun pada kenyataannya pembelajaran matematika sampai saat ini masih banyak ditemukan kesulitan dalam pencapaian kompetensi. Salah satu penyebabnya adalah proses pembelajaran yang monoton dan klasikal sehingga pembelajaran cenderung membosankan, metode pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional dan kurang aktifnya siswa pada saat proses pembelajaran. Penggunaan model kooperatif tipe NHT merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa pada saat pembelajaran di kelas, terutama pada pembelajaran matematika operasi hitung campuran. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan di kelas IV SDN Florida Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika operasi hitung campuran dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT di kelas IV SDN Florida. Target penelitian dinyatakan berhasil apabila 70% dari jumlah siswa yang mendapat perolehan nilai lebih dari atau sama dengan KKM sebesar 60. Untuk mengetahui hasilnya maka digunakan lembar observasi dan tes penilaian hasil belajar siswa pada tiap siklusnya. Secara keseluruhan hasil penelitian pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 67,57% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 72,97%. Berdasarkan hal tersebut, penggunaan model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika operasi hitung campuran di kelas IV SDN Florida Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon. Kata kunci: hasil belajar, model kooperatif tipe NHT, matematika.