Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul “Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Sumber Energi, Perubahan Energi dan Pemamfaatannya Di Kelas IV SDN Panghegar Kecamatan Panyileukan, Bandung”. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya nilai rata-rata pembelajaran yang dikarenakan metode yang masi menggunakan metode ceramah, kurangnya kesiapan guru dan pemahaman konsep belajar siswa serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I peserta didik berhasil meraih ketuntasan 47,5%. Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil posttest pada siklus I mengalami peningkatan presentase ketuntasan sebesar 92,5%. Hal itu dikarenakan pada model pembelajaran discovery learning menggunakan pendekatan scientific, sehingga dalam pembelajaran siswa yang aktif sedangkan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahawa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep tentang sumber eergi, perubahan energi, dan pemamfaatannya di kelas IV. Dengan demikian pengunaan model discovery learning dapat menjadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran I dan diharapkan guru dapat mencoba menerapkan model pembelajaran pada materi lain dalam pembelajaran tematik dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran agar bisa lebih baik. Kata Kunci : Pembelajaran tematik, model discovery learning, meningkatkan pemahaman konsep.