Daftar Isi:
  • Berdasarkan pengamatan di Sekolah Dasar Negeri Kota Baru Bandung Kecamatan Regol sejak peneliti melakukan PTK dalam pembelajaran IPS penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat pemikiran kritis siswa pada pembelajaran IPS. Hal ini dikarenakan oleh kurangnya partisipasi dan keaktifan siswa di dalam kelas untuk mencari informasi tentang pembelajaran, sehingga pembelajaran terpaku hanya pada satu sumber saja, yaitu buku. Rendahnya kemampuan itu di sebabkan oleh faktor guru, pada proses pembelajaran guru masih menggunakan metode klasikal, sehingga siswa tidak diberikan kesempatan untuk memberikan gagasan dan menggali sendiri ilmu pengetahuannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka di implementasikan suatu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengunakan media gambar. Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, dilaksanakan di kelas V SDN Kota Baru Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada siklus I dengan rata-rata persentase sebesar 72,27% dan kemudian meningkat pada siklus II menjadi 95,45%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS tentang peninggalan sejarah Hindu-Budha di Indonesia. Diharapkan guru dapat mencoba mangkaji dan mengimplementasikan media pembelajaran tersebut tentang pokok bahasan lainnya pada pembelajaran IPS dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran IPS.