ctrlnum 13953
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/13953/</relation><title>PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR &#xD; SISWA KELAS IV SDN RENDEH &#xD; PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU &#xD; &#xD; (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN Rendeh Bandung Barat)</title><creator>Rina Fitriana, 105060066</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar di kelas terhadap siswa beraneka ragam, mulai dari pemberian metode yang kurang tepat sampai dengan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti dan menerima pembelajaran. Untuk menjawab permasalahan di atas, maka seorang guru perlu mengadakan penelitian tindakan kelas sebagai sarana untuk menjawab permasalahan tersebut. &#xD; Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning. Adapun tujuan umum penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui efektifitas dari model problem based learning. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan melalui penerapan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rendeh pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I dengan rata 2,41, siklus II dengan rata- rata 2,8 dan pada siklus III dengan nilai rata- rata 3,5.&#xD; Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning sangat menunjang terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa subtema Keberagaman Budaya Bangasaku melalui penerapan model problem based learning memiliki dampak positif.&#xD; &#xD; Kata kunci: problem based learning, aktivitas, hasil belajar</description><date>2016-10-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/1/cover%20skripsi.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/2/lembar%20pengesahan.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/3/KATA%20PENGANTAR.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/4/Motto.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/5/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/6/persembahan.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/7/UCAPAN%20TERIMAKASIH.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/8/abstrak%20.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/9/abstrak%20b.%20inggris.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/10/DAFTAR%20ISI.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/13/BAB%201.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/14/BAB%202.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/15/BAB%203.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/16/BAB%204.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/17/BAB%205.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/11/DAFTAR%20PUSTAKA%20baru%20bab%202.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/12/Riwayat%20Hidup%20Penulis.rtf</identifier><identifier> Rina Fitriana, 105060066 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN RENDEH PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN Rendeh Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>13953</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rina Fitriana, 105060066
title PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN RENDEH PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN Rendeh Bandung Barat)
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/13953/1/cover%20skripsi.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/2/lembar%20pengesahan.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/3/KATA%20PENGANTAR.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/4/Motto.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/5/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/6/persembahan.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/7/UCAPAN%20TERIMAKASIH.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/8/abstrak%20.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/9/abstrak%20b.%20inggris.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/10/DAFTAR%20ISI.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/13/BAB%201.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/14/BAB%202.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/15/BAB%203.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/16/BAB%204.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/17/BAB%205.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/11/DAFTAR%20PUSTAKA%20baru%20bab%202.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/12/Riwayat%20Hidup%20Penulis.rtf
http://repository.unpas.ac.id/13953/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar di kelas terhadap siswa beraneka ragam, mulai dari pemberian metode yang kurang tepat sampai dengan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti dan menerima pembelajaran. Untuk menjawab permasalahan di atas, maka seorang guru perlu mengadakan penelitian tindakan kelas sebagai sarana untuk menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning. Adapun tujuan umum penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui efektifitas dari model problem based learning. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan melalui penerapan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rendeh pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I dengan rata 2,41, siklus II dengan rata- rata 2,8 dan pada siklus III dengan nilai rata- rata 3,5. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning sangat menunjang terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa subtema Keberagaman Budaya Bangasaku melalui penerapan model problem based learning memiliki dampak positif. Kata kunci: problem based learning, aktivitas, hasil belajar
id IOS3183.13953
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-11-01T01:50:55Z
last_indexed 2017-07-10T03:18:16Z
recordtype dc
_version_ 1766044902710312960
score 17.538404