PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN RENDEH PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN Rendeh Bandung Barat)
ctrlnum |
13953 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/13953/</relation><title>PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR 
SISWA KELAS IV SDN RENDEH 
PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU 

(Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN Rendeh Bandung Barat)</title><creator>Rina Fitriana, 105060066</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar di kelas terhadap siswa beraneka ragam, mulai dari pemberian metode yang kurang tepat sampai dengan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti dan menerima pembelajaran. Untuk menjawab permasalahan di atas, maka seorang guru perlu mengadakan penelitian tindakan kelas sebagai sarana untuk menjawab permasalahan tersebut. 
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning. Adapun tujuan umum penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui efektifitas dari model problem based learning. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan melalui penerapan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rendeh pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I dengan rata 2,41, siklus II dengan rata- rata 2,8 dan pada siklus III dengan nilai rata- rata 3,5.
Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning sangat menunjang terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa subtema Keberagaman Budaya Bangasaku melalui penerapan model problem based learning memiliki dampak positif.

Kata kunci: problem based learning, aktivitas, hasil belajar</description><date>2016-10-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/1/cover%20skripsi.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/2/lembar%20pengesahan.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/3/KATA%20PENGANTAR.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/4/Motto.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/5/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/6/persembahan.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/7/UCAPAN%20TERIMAKASIH.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/8/abstrak%20.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/9/abstrak%20b.%20inggris.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/10/DAFTAR%20ISI.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/13/BAB%201.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/14/BAB%202.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/15/BAB%203.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/16/BAB%204.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/17/BAB%205.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/11/DAFTAR%20PUSTAKA%20baru%20bab%202.rtf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13953/12/Riwayat%20Hidup%20Penulis.rtf</identifier><identifier> Rina Fitriana, 105060066 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN RENDEH PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN Rendeh Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>13953</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rina Fitriana, 105060066 |
title |
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
SISWA KELAS IV SDN RENDEH
PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN Rendeh Bandung Barat) |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/13953/1/cover%20skripsi.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/2/lembar%20pengesahan.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/3/KATA%20PENGANTAR.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/4/Motto.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/5/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/6/persembahan.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/7/UCAPAN%20TERIMAKASIH.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/8/abstrak%20.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/9/abstrak%20b.%20inggris.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/10/DAFTAR%20ISI.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/13/BAB%201.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/14/BAB%202.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/15/BAB%203.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/16/BAB%204.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/17/BAB%205.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/11/DAFTAR%20PUSTAKA%20baru%20bab%202.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/12/Riwayat%20Hidup%20Penulis.rtf http://repository.unpas.ac.id/13953/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar di kelas terhadap siswa beraneka ragam, mulai dari pemberian metode yang kurang tepat sampai dengan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti dan menerima pembelajaran. Untuk menjawab permasalahan di atas, maka seorang guru perlu mengadakan penelitian tindakan kelas sebagai sarana untuk menjawab permasalahan tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning. Adapun tujuan umum penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui efektifitas dari model problem based learning. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan melalui penerapan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rendeh pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I dengan rata 2,41, siklus II dengan rata- rata 2,8 dan pada siklus III dengan nilai rata- rata 3,5.
Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning sangat menunjang terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa subtema Keberagaman Budaya Bangasaku melalui penerapan model problem based learning memiliki dampak positif.
Kata kunci: problem based learning, aktivitas, hasil belajar |
id |
IOS3183.13953 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-11-01T01:50:55Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:18:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044902710312960 |
score |
17.538404 |