PEN ERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pembelajaran I PS Mengenai Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Negara - negara Tetangga K elas VI SDN Hegarmanah 1 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2014/2015 )

Main Author: UUS KUSWENDI, 105060065
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/13952/1/cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/2/Lembar%20Pengesahan.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/3/Surat%20Pernyataan.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/4/Motto%20dan%20Persembahan.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/5/Abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/6/Abstrack.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/7/KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/8/Ucapan%20terimakasih.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/9/Daftar%20Isi.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/10/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/11/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/12/BAB%20III.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/13/BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/14/BAB%20IV%20lanjutan.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/15/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/16/BAB%20V%20lanjutan.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/17/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/18/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13952/
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Hegarmanah 1 dengan subjek penelitian adalah kelas VI. Adapun tujuan penel itian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Pada penelitian ini peneliti mengambil materi mengenai kenampakan alam dan keadaan sosial negara - negara tetangga dengan metode kooperatif tipe teams games tourna ment dalam p embelajarannya. Objek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Hegarmanah 1 dengan jumlah 30 orang yang terdiri atas 15 laki - laki dan 15 perempuan, adapun instrument yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar evaluasi hasil belajar siswa. Peng olahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar instrument dan hasil wawancara. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase hasil belajar siswa menggunakan metode kooperatif tipe teams games tournament mengalami pening katan dalam setiap sik lusnya, pada siklus I sebesar 36,7%, siklus II 66,7 %, dan siklus III 90%. Nilai rata - rata dalam hasil belajar pun mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya pada siklus I nilai rata - rata sebesar 55 (Kurang), pada sikl us II nilai rat a - rata sebesar 67,7 (cukup), pada siklu s III nilai rata - rata sebesar 79 (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan metode kooperatif tipe teams games tournament pada pembelajaran IPS dalam materi kenampakan alam dan keadaan sosial negar a - negara tetangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Metode kooperatif tipe teams games tournament dan hasil belajar