PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG STRUKTUR KERANGKA TUBUH MANUSIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik di Kelas 4 SD Negeri Bhakti Winaya Kecamatan Regol Kota Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi fakta bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA belum mencapai KKM. Kejadian ini dikarenakan peranan guru dalam pembelajaran masih dominan, pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional. Akibatnya peserta didik menjadi pasif, sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Berdasarkan hal tersebut salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA materi struktur kerangka tubuh manusia dengan mengunakan metode pembelajaran demonstrasi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Bhakti winaya dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase hasil belajar siswa menggunakan metode demonstrasi mengalami sebuah peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 60,6% sedangkan siklus II sebesar 87,88 % artinya terdapat adanya suatu peningkatan kualitas hasil pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA tentang struktur kerangka tubuh manusia. kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Bhakti winaya terbukti efektif hasil belajar peserta didik. Saran dari peneliti hendaknya metode pembelajaran demonstrasi dapat dijadikan metode alternatif untuk setiap pembelajaran. Kata Kunci: Metode pembelajaran demonstrasi, PTK (Penelitian Tindakan Kelas), pembelajaran IPA, struktur kerangka tubuh manusia dan hasil belajar siswa.