Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Keterampilan Intelektual, Sosial dan Fisik Siswa melalui Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar”. Hal tersebut dilatar belakangi dengan masih lemahnya keterampilan intelektual, sosial dan fisik siswa pada pembelejaran IPA pada materi perpindahan panas. Penerapan Pendekatan Keterampilan proses pada pembelajaran IPA bertujuan untuk meningkatkan keterampilan intelektual, sosial, dan fisik siswa, dengan rumusan masalah ”Apakah penggunaan pendekatan keterampilan Proses dapat meningkatkan keterampilan intelektual, sosial dan fisik siswa?” Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, lembar kegiatan proses pembelajaran keterampilan proses, lembar penilaian aktivitas siswa dalam pembelajaran, lembar penilaian aktivitas siswa dalam kelompok, lembar wawancara peneliti dengan observer, lembar tes. Dimana subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Cilaku. Sedangkan analisis data menggunakan kuantitatif dengan menggunakan analisis skor. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan proses pembelajaran, hal ini terbukti siswa aktif dalam melakukan percobaan perpindahan energi panas sehingga pada keterampilan intelektual, sosial, dan fisik siswa meningkat pula, ini terbukti dengan siswa mampu menentukan langkah-langkah terjadinya proses perpindahan panas secara konduksi. Dengan demikian, pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keterampilan intelektual, sosial, dan fisik siswa. Kata kunci: Pendekatan Keterampilan Proses, Keterampilan Intelektual, Sosial dan Fisik Siswa