PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG PERAMBATAN BUNYI PADA BENDA PADAT, CAIR, DAN GAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 2 Seuseupan Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi fakta bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA belum mencapai KKM. Kejadian ini karena proses pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang bersifat konvensional. Akibatnya siswa pasif, karena proses pembelajaran kurang menarik dan membosankan siswa, sehingga hasil belajar rendah. Berdasarkan hal tersebut salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas dengan menggunakan penerapan metode demonstrasi. Berdasarkan latar belakang maka muncullah permasalahan yaitu apakah penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA tentang perambatan bunyi melalui benda padat, cair, dan gas di SDN 2 Seuseupan Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV pada pembelajaran IPA di SDN 2 Seuseupan melalui penerapan metode demonstrasi. Metode yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Data-data penelitian dikumpulkan melalui instrumen observasi dan tes dilakukan 2 siklus yang dalam setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan yang berarti baik hasil belajar siswa, pengalaman berdemonstrasi maupun perilaku sosial. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 2 Seuseupan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat menanamkan sikap sosial dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 66,42%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 77,86%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Penerapan metode demonstrasi, pembelajaran IPA, perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas, hasil belajar siswa.