PENERAPAN PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR ( Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV SDN Cihaurgeulis 2 Bandung Materi Penggolongan Hewan )
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cihaurgeulis 2 Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar dan melihat kenyataan dilapangan, ditemukan beberapa masalah khususnya dalam pembelajaran IPA yaitu aktivitas belajar siswa masih rendah pada materi penggolongan hewan. Berdasarkan pada masalah tersebut maka peneliti mencoba melaksanakan pembelajaran IPA dengan tujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan penerapan pendekatan CTL. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA materi penggolongan hewan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, kamera foto, dan LKS. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan tiga siklus, dalam satu siklus dilakukan satu tindakan. Hasil observasi penelitian ini dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru pada setiap indikatornya mengalami peningkatan disetiap siklusnya, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Cihaurgeulis 2 Bandung. Rekomendasi penelitian ini adalah penerapan pendekatan CTL dapat dijadikan alternatif untuk melakukan inovasi pembelajaran di kelas, khususnya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA. Kata Kunci : Penerapan pendekatan CTL, Aktivitas belajar, Pembelajaran IPA.