PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK TEKNIK KEPALA BERNOMOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV SDN Cihaurgeulis 2 Bandung Materi Jenis dan Persebaran Sumber Daya Alam Serta Pemanfaatannya Untuk Kegiatan Ekonomi )
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cihaurgeulis 2 Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar dan melihat kenyataan dilapangan, ditemukan beberapa masalah khususnya dalam pembelajaran IPS yaitu kemampuan berkomunikasi belajar siswa masih rendah pada materi jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi. Berdasarkan pada masalah tersebut maka peneliti mencoba melaksanakan pembelajaran IPS dengan tujuan meningkatkan kemampuan berkomunikasi belajar siswa dengan penerapan metode kerja kelompok teknik kepala bernomor. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan penerapan metode kerja kelompok teknik kepala bernomor dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi belajar siswa pada pembelajaran IPS materi jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, kamera foto, dan LKS. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan tiga siklus, dalam satu siklus dilakukan satu tindakan. Hasil observasi penelitian ini dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru pada setiap indikatornya mengalami peningkatan disetiap siklusnya, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan penerapan metode kerja kelompok teknik kepala bernomor dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi belajar siswa kelas IV SDN Cihaurgeulis 2 Bandung. Rekomendasi penelitian ini adalah penerapan metode kerja kelompok teknik kepala bernomor dapat dijadikan alternatif untuk melakukan inovasi pembelajaran di kelas, khususnya untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi belajar siswa pada pembelajaran IPS. Kata Kunci : Teknik kepala bernomor, berkomunikasi belajar siswa, Pembelajaran IPS.