Daftar Isi:
  • Selama ini mayoritas Pembelajaran IPS hanya diajarkan dengan metode klasikal yakni sebatas ceramah, tugas dan diskusi saja, begitupun di SDN 2 Cibodas Lembang cara pengajarannya masih seperti itu, maka tak heran hasil belajar peserta didik pun masih belum memuaskan karena masih rendah, hal itulah yang melatarbelakangi dilaksanakannya penelitian. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar IPS adalah pembelajaran dengan mengdunakan Media Audio Visual. penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Cibodas Lembang Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah siswa 26, yaitu 11 orang laki-laki, dan 15 orang perempuan. Instrumen yang digunakan diantaranya lembar observasi, tes, wawancara, dan angket skala sikap. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Media Audio Visual yang dilakukan selama tiga siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Siswa juga menunjukkan sikap positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan Media Audio Visual. Oleh karena itu model pembelajaran dengan menggunakan Media Audio Visual dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar di kelas yang aktif, efektif dan menyenangkan.