ctrlnum 13870
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/13870/</relation><title>Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Konsep Kebudayaan Daerah di Indonesia&#xD; Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Banjaran Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka</title><creator>MARATUN SOLIHAH, 085060137</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk memperbaiki prestasi belajar siswa SD kelas IV pada mata pelajaran IPS dengan materi kebudayanan daerah di Indonesia dengan menerapkan modek pembelajaran cooperatove learning tipe jigsaw. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di kelas IV SDN Banjaran Kabupaten Majalengka dan peneliti menemukan fakta yang menggambarkan prestasi siswa yang masih dibawah kriteria ketuntasan belajar.&#xD; Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 3 siklus PTK yang tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Dalam setiap pembelajaran, peneliti menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw yang terdiri dari pembentukan kelompok asa, kemudian dibentuk kelompok ahli untuk mendiskusikan materi yang akan dibahas yaitu materi kebudayaan daerah Indonesia seperti, rumah adat, lagu daerah, tarian daerah, suku bangsa, pakaian adat dan bahasa daerah. Instrumen yang digunakan dalam peneltian inir adalah tes, lembar observasi, catatan lapangan dan angket.&#xD; Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan prestasi hasil belajar siswa, pada siklus 1, siswa memperoleh rata-rata nilai 46,5. Pada siklus 2, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 56,8 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 66,5.&#xD; Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan materi kebudayaan Indonesia dapat meningkat setelah melaksanakan pembelajaran penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw.&#xD; &#xD; &#xD; Kata Kunci : Model Pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw, peningkatan prestasi belajar, Pembelajaran IPS Sekolah Dasar</description><date>2016-10-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13870/1/COVER%20BAB.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13870/2/lembar%20pegesahan.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13870/3/KATA%20PENGANTAR.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13870/4/PERSEMBAHAN.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13870/5/PERNYATAAN.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13870/6/ABstrak.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13870/7/DAFTAR%20ISI.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13870/8/Bab%20I.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13870/9/BAB%20II.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13870/10/BAB%20III.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13870/11/BAB%20IV.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13870/12/BAB%20V.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13870/13/Daftar%20Pustaka%20PRINT.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13870/14/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.docx</identifier><identifier> MARATUN SOLIHAH, 085060137 (2016) Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Konsep Kebudayaan Daerah di Indonesia Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Banjaran Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>13870</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MARATUN SOLIHAH, 085060137
title Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Konsep Kebudayaan Daerah di Indonesia Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Banjaran Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/13870/1/COVER%20BAB.docx
http://repository.unpas.ac.id/13870/2/lembar%20pegesahan.docx
http://repository.unpas.ac.id/13870/3/KATA%20PENGANTAR.docx
http://repository.unpas.ac.id/13870/4/PERSEMBAHAN.docx
http://repository.unpas.ac.id/13870/5/PERNYATAAN.docx
http://repository.unpas.ac.id/13870/6/ABstrak.docx
http://repository.unpas.ac.id/13870/7/DAFTAR%20ISI.docx
http://repository.unpas.ac.id/13870/8/Bab%20I.docx
http://repository.unpas.ac.id/13870/9/BAB%20II.docx
http://repository.unpas.ac.id/13870/10/BAB%20III.docx
http://repository.unpas.ac.id/13870/11/BAB%20IV.docx
http://repository.unpas.ac.id/13870/12/BAB%20V.docx
http://repository.unpas.ac.id/13870/13/Daftar%20Pustaka%20PRINT.docx
http://repository.unpas.ac.id/13870/14/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://repository.unpas.ac.id/13870/
contents Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk memperbaiki prestasi belajar siswa SD kelas IV pada mata pelajaran IPS dengan materi kebudayanan daerah di Indonesia dengan menerapkan modek pembelajaran cooperatove learning tipe jigsaw. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di kelas IV SDN Banjaran Kabupaten Majalengka dan peneliti menemukan fakta yang menggambarkan prestasi siswa yang masih dibawah kriteria ketuntasan belajar. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 3 siklus PTK yang tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Dalam setiap pembelajaran, peneliti menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw yang terdiri dari pembentukan kelompok asa, kemudian dibentuk kelompok ahli untuk mendiskusikan materi yang akan dibahas yaitu materi kebudayaan daerah Indonesia seperti, rumah adat, lagu daerah, tarian daerah, suku bangsa, pakaian adat dan bahasa daerah. Instrumen yang digunakan dalam peneltian inir adalah tes, lembar observasi, catatan lapangan dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan prestasi hasil belajar siswa, pada siklus 1, siswa memperoleh rata-rata nilai 46,5. Pada siklus 2, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 56,8 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 66,5. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan materi kebudayaan Indonesia dapat meningkat setelah melaksanakan pembelajaran penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw. Kata Kunci : Model Pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw, peningkatan prestasi belajar, Pembelajaran IPS Sekolah Dasar
id IOS3183.13870
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-11-01T01:50:55Z
last_indexed 2017-07-10T03:18:14Z
recordtype dc
_version_ 1766044902182879232
score 17.538404