KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BANDUNG (STUDI KASUS PELAYANAN PEMBUATAN KTP)

Main Author: TRY SATYANTO, 122010008
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/13523/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13523/2/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13523/3/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13523/4/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13523/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13523/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung diperoleh fakta bahwa kualitas pelayanan masih rendah. Hal ini terlihat dari indicator kualitas pelayanan seperti : Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati . Peneliti menyimpulkan hal ini disebabkan oleh : Pelayanan Pegawai di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung kurang seriusnya atasan atau pimpinan untuk menyelesaikan setiap keluhan- keluhan pegawai seperti masih sim pang siurnya tugas atau pekerjaan yang diberikan serta adanya keluhan mengenai fasilitas yang didapatkan. Dalam penelitian Kualitas Pelayanan Pegawai di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung ini peneliti menggunakan penelitian teori mengenai Kualitas Pelayanan . Kualitas Pelayanan ialah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu menggambarkan dan menganalisa data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data berdasarkan keadaan yang nyata. Pendekatan yang dilakukan peneliti yaitu pendekatan kualitatif yang merupakan pendekatan yang m empelajari dari tingkah laku manusia, khususnya orang - orang yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan Kualitas Pelayanan Pegawai di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung mengalami banyak hambatan yang terjadi di lapangan dilihat dari faktor- faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan. Kesimpulan penelitian ini bahwa Pelayanan sudah berjalan cukup baik walaupun masih banyak hal yang perlu diperbaiki seperti kesadaran masyarakat untuk mempersiapkan segala yang menjadi persyaratan untuk melakukan suatu urusan pelayanan dan sarana dan prasarana yang belum terpenuhi seperti ruang tunggu tamu dan fasilitas yang dapat menciptakan suasana nyaman bagi pemohon pelayanan agar target dan kualitas pelayanan yang diinginkan bisa tercapai dengan maksimal.