PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Main Author: | AAM AMALIA, 125050057 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/13393/1/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/13393/2/ABSTRAK%20%28B.indo%29.pdf http://repository.unpas.ac.id/13393/3/ABSTRAK%20%28b.inngris%29.pdf http://repository.unpas.ac.id/13393/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/13393/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/13393/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/13393/ |
ctrlnum |
13393 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/13393/</relation><title>PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA
REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI 
MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)</title><creator>AAM AMALIA, 125050057</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penyebab rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa dalam matematika
yaitu karena siswa tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi yang ada
pada diri siswa. Salah satu alternatif yag dapat mengakomodasi kemampuan koneksi
matematis siswa adalah pendekatan pembelajaran matematika realistic. Adapun
penelitian ini bertujuan untuk : (i) mengetahui apakah peningkatan kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika
menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistic lebih baik daripada
siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. (ii) mengetahui sikap siswa
terhadap pembelajaran matematika mengguanakan pendekatan matematika realistic.
(iii) mengetahui apakah terdapat korelasi antara pendekatan pembelajaran matematika
realistic dengan sikap siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah siswa SMP YAS Bandung. Adapun sampelnya adalah
siswa kelas VIII SMP YAS Bandung yang dipilih secara acak menurut kelas.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan koneksi matematis yang
sebelumnya telah diuji cobakan instrumennya dan hasilnya semua soal signifikan,
serta angket skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian (pretest dan
posttest). Analisis data digunakan dengan menggunakan uji normalitas. Berdasarkan 
analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemapuan
koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan
matematika realistic lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran
ekspositori, siswa bersikap positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan
matematika realistic. Sehingga pendekatan pembelajaran matematika realistic dapat
dijadikan alternative dalam pembelajaran dengan memperhatikan waktu dalam
pelaksanaan, pengelolaan kelas, serta referensi lain yang digunakan. 

Kata kunci : Pendekatan matematika realistik, kemampuan koneksi matematis.</description><date>2016-09-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13393/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13393/2/ABSTRAK%20%28B.indo%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13393/3/ABSTRAK%20%28b.inngris%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13393/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13393/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13393/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> AAM AMALIA, 125050057 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>13393</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
AAM AMALIA, 125050057 |
title |
PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA
REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI
MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/13393/1/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/13393/2/ABSTRAK%20%28B.indo%29.pdf http://repository.unpas.ac.id/13393/3/ABSTRAK%20%28b.inngris%29.pdf http://repository.unpas.ac.id/13393/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/13393/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/13393/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/13393/ |
contents |
Penyebab rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa dalam matematika
yaitu karena siswa tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi yang ada
pada diri siswa. Salah satu alternatif yag dapat mengakomodasi kemampuan koneksi
matematis siswa adalah pendekatan pembelajaran matematika realistic. Adapun
penelitian ini bertujuan untuk : (i) mengetahui apakah peningkatan kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika
menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistic lebih baik daripada
siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. (ii) mengetahui sikap siswa
terhadap pembelajaran matematika mengguanakan pendekatan matematika realistic.
(iii) mengetahui apakah terdapat korelasi antara pendekatan pembelajaran matematika
realistic dengan sikap siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah siswa SMP YAS Bandung. Adapun sampelnya adalah
siswa kelas VIII SMP YAS Bandung yang dipilih secara acak menurut kelas.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan koneksi matematis yang
sebelumnya telah diuji cobakan instrumennya dan hasilnya semua soal signifikan,
serta angket skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian (pretest dan
posttest). Analisis data digunakan dengan menggunakan uji normalitas. Berdasarkan
analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemapuan
koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan
matematika realistic lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran
ekspositori, siswa bersikap positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan
matematika realistic. Sehingga pendekatan pembelajaran matematika realistic dapat
dijadikan alternative dalam pembelajaran dengan memperhatikan waktu dalam
pelaksanaan, pengelolaan kelas, serta referensi lain yang digunakan.
Kata kunci : Pendekatan matematika realistik, kemampuan koneksi matematis. |
id |
IOS3183.13393 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-11-01T01:50:39Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:18:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044899955703808 |
score |
17.538404 |