ctrlnum 13393
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/13393/</relation><title>PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA&#xD; REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI &#xD; MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)</title><creator>AAM AMALIA, 125050057</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penyebab rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa dalam matematika&#xD; yaitu karena siswa tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi yang ada&#xD; pada diri siswa. Salah satu alternatif yag dapat mengakomodasi kemampuan koneksi&#xD; matematis siswa adalah pendekatan pembelajaran matematika realistic. Adapun&#xD; penelitian ini bertujuan untuk : (i) mengetahui apakah peningkatan kemampuan&#xD; berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika&#xD; menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistic lebih baik daripada&#xD; siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. (ii) mengetahui sikap siswa&#xD; terhadap pembelajaran matematika mengguanakan pendekatan matematika realistic.&#xD; (iii) mengetahui apakah terdapat korelasi antara pendekatan pembelajaran matematika&#xD; realistic dengan sikap siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen.&#xD; Populasi penelitian ini adalah siswa SMP YAS Bandung. Adapun sampelnya adalah&#xD; siswa kelas VIII SMP YAS Bandung yang dipilih secara acak menurut kelas.&#xD; Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan koneksi matematis yang&#xD; sebelumnya telah diuji cobakan instrumennya dan hasilnya semua soal signifikan,&#xD; serta angket skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian (pretest dan&#xD; posttest). Analisis data digunakan dengan menggunakan uji normalitas. Berdasarkan &#xD; analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemapuan&#xD; koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan&#xD; matematika realistic lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran&#xD; ekspositori, siswa bersikap positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan&#xD; matematika realistic. Sehingga pendekatan pembelajaran matematika realistic dapat&#xD; dijadikan alternative dalam pembelajaran dengan memperhatikan waktu dalam&#xD; pelaksanaan, pengelolaan kelas, serta referensi lain yang digunakan. &#xD; &#xD; Kata kunci : Pendekatan matematika realistik, kemampuan koneksi matematis.</description><date>2016-09-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13393/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13393/2/ABSTRAK%20%28B.indo%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13393/3/ABSTRAK%20%28b.inngris%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13393/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13393/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13393/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> AAM AMALIA, 125050057 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>13393</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author AAM AMALIA, 125050057
title PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/13393/1/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13393/2/ABSTRAK%20%28B.indo%29.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13393/3/ABSTRAK%20%28b.inngris%29.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13393/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13393/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13393/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13393/
contents Penyebab rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa dalam matematika yaitu karena siswa tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa. Salah satu alternatif yag dapat mengakomodasi kemampuan koneksi matematis siswa adalah pendekatan pembelajaran matematika realistic. Adapun penelitian ini bertujuan untuk : (i) mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistic lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. (ii) mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika mengguanakan pendekatan matematika realistic. (iii) mengetahui apakah terdapat korelasi antara pendekatan pembelajaran matematika realistic dengan sikap siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP YAS Bandung. Adapun sampelnya adalah siswa kelas VIII SMP YAS Bandung yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan koneksi matematis yang sebelumnya telah diuji cobakan instrumennya dan hasilnya semua soal signifikan, serta angket skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian (pretest dan posttest). Analisis data digunakan dengan menggunakan uji normalitas. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemapuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan matematika realistic lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, siswa bersikap positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan matematika realistic. Sehingga pendekatan pembelajaran matematika realistic dapat dijadikan alternative dalam pembelajaran dengan memperhatikan waktu dalam pelaksanaan, pengelolaan kelas, serta referensi lain yang digunakan. Kata kunci : Pendekatan matematika realistik, kemampuan koneksi matematis.
id IOS3183.13393
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-11-01T01:50:39Z
last_indexed 2017-07-10T03:18:05Z
recordtype dc
_version_ 1766044899955703808
score 17.538404