PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS X SMA KARTIKA XIX-1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | Tiara Nurindah Sari, 115030120 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/13235/1/1.%20Cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/13235/2/7.%20Abstrak.pdf http://repository.unpas.ac.id/13235/3/ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/13235/4/12.%20BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/13235/5/13.%20BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/13235/6/18.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/13235/ |
Daftar Isi:
- Me nulis merupakan salah satu aspek penting dalam proses komunikasi. Menulis dapat membuat seseorang lebih mengenali kemampuan dan potensinya. Semua siswa tentu memiliki potensi menulis, termasuk men ul is teks eksposisi . M etode picture and p icture , merupakan salah satu metode yang mampu me - rangsang kreatifitas siswa dalam pembelajaran . Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran memproduksi tek s eksposisi den gan menggunakan metode picture and p icture pada siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1 . Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah 1) Mampukah penulis me rencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksposisi dengan mengguakan me tode picture and picture pada siswa kelas X SM A Kartika XIX - 1 ? 2) Mampukah siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1 memproduksi teks eksposisi berdasarkan struktur teks, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat? 3) Efektifkah media picture and picture diterapkan dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1? . Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan , melaksanakan , dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksposisi dengan menggunak an me tode picture and picture pada siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1 . 2) Siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1 mampu mengikuti pembelajaran memproduksi teks eksposisi berdasarkan struktur teks, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat. 3) Me tode picture an d picture efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1 . Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun has il penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu merencanakan , melaksanakan , dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksposisi dengan menggunakan me tode picture and picture pada siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3, 42 Kemampuan penulis termasuk kategori baik sekali . 2) Siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1 mampu mengikuti pembelajaran memproduksi teks eksposisi berdasarkan struktur teks, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata - rata pretes sebesar 60 dan nilai rata - rata postes 77 , 2 . Peningkatannya sebesar 17,2 . 3) Me tode picture and picture efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Kartika XIX - 1 . Ha l ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel ( 77,2 > 60 ) pada tingkat kepercayaan 95%, dan d . b sebesar 2,04 . Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci : Pembelajaran, me mproduksi, teks eksposisi, metode picture and picture .