PERANAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANGGULANGI DEGRADASI MORALITAS PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif di SMA Negeri 1 Sukahaji Kabupaten Majalengka)

Main Author: DEHAS YUDHA PRATAMA, 125010044
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/13232/1/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13232/2/ABSTRAK%20INDO.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13232/3/ABSTRAK%20ENG.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13232/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13232/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13232/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13232/
Daftar Isi:
  • Tata tertib sekolah adalah aturan atau peraturan yang baik dan merupakan hasil pelaksanaan yang konsisten dari peraturan yang ada. Tata tertib sekolah merupakan aturan yang harus dipatuhi setiap warga sekolah tempat berlangsungnya proses belajar mengajar. Sehubungan dengan itu, peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMA Negeri Sukahaji Kabupaten Majalengka. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah; 1) bagaimana meningkatkan kesadaran peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah di SMA Negeri Sukahaji Kabupaten Majalengka; 2) Bagaimana meminimalisir peserta didik agar tidak melakukan perilaku menyimpang terhadap tata tertib sekolah? ; 3) Bagaimana persepsi peserta didik SMA Negeri 1 Sukahaji Kabupaten Majalengka terhadap pentingnya tata tertib sekolah?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah di SMA Negeri 1 Sukahaji Kabupaten Majalengka, meminimalisir peserta didik agar tidak melakukan perilaku menyimpang terhadap tata tertib sekolah, meningkatkan persepsi perserta didik SMA Negeri 1 Sukahaji Kabupaten Majalengka terhadap pentingnya tata tertib sekolah. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut, 1. Agar tata tertib sekolah di taati dan di patuhi maka diperlukan sanksi untuk meminimalisisr peserta didik agar tidak melakukan perilaku menyimpang terhadap tata tertib sekolah tetapi sanksi tersebut harus sesuai dan tidak ada kekerasan 2. guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan sangat berperan penting dalam menanggulangi degradasi moralitas peserta didik dan menyadarkan peserta didik bahwa pentingnya tata tertib sekolah di lingkungan sekolah.