Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan u ntuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan model Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan juga u ntuk mengetahui sikap siswa pembelajaran matematika dengan menggunakan model Reciprocal Teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen . Dengan disain kelompok kontrol pretes - postes ( pretest - posttest control group design ) . Samp el dalam penelitian ini adalah dua kelas yang dipilih secara acak yaitu k elas eksperimen 1 adalah kelas yang mendapatkan pembelajaran Reciprocal Teaching . Sedangkan kelas eksperimen 2 adalah kelas yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Lea rning . Dengan populsinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Bandung. Dari pene litian ini diperoleh Kesimpulan : (1) Terdapat perbedaan peningkatan pemahaman matematis yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran Reciprocal Teaching dengan yang memperoleh Problem Based Learning (PBL) . (2) Siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan model Reciprocal Teaching. Kata kunci: Pemahaman Matematis, Model Reciprocal teaching , sikap.