PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING DAN PBL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP
Main Author: | IKA IZHHARUL HAQ, 125050076 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/13205/1/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/13205/6/ABSTRAK%20%28ing%29.pdf http://repository.unpas.ac.id/13205/3/._BAB%20I%20.pdf http://repository.unpas.ac.id/13205/4/BAB%20I%20.pdf http://repository.unpas.ac.id/13205/5/BAB%20II%20.pdf http://repository.unpas.ac.id/13205/7/Abstrak%20%28ind%29.pdf http://repository.unpas.ac.id/13205/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan u ntuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan model Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan juga u ntuk mengetahui sikap siswa pembelajaran matematika dengan menggunakan model Reciprocal Teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen . Dengan disain kelompok kontrol pretes - postes ( pretest - posttest control group design ) . Samp el dalam penelitian ini adalah dua kelas yang dipilih secara acak yaitu k elas eksperimen 1 adalah kelas yang mendapatkan pembelajaran Reciprocal Teaching . Sedangkan kelas eksperimen 2 adalah kelas yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Lea rning . Dengan populsinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Bandung. Dari pene litian ini diperoleh Kesimpulan : (1) Terdapat perbedaan peningkatan pemahaman matematis yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran Reciprocal Teaching dengan yang memperoleh Problem Based Learning (PBL) . (2) Siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan model Reciprocal Teaching. Kata kunci: Pemahaman Matematis, Model Reciprocal teaching , sikap.