PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Struktur Rangka Manusia di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Soka 34 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)
Main Author: | RIMA ROHIMAH FAUZIYAH, 125060230 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/13166/1/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/13166/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/13166/3/ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/13166/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/13166/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/13166/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/13166/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dengan judul Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dalam materi rangka manusia di latar belakangi fakta bahwa hasil belajar siswa belum menca pai KKM karena kurangnya pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ininmenggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas IV D SD N Soka 34 Bandung dengan jumlah 16 siswa laki - laki dan 8 orang siswa perempuan. Hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas mencapai KKM hanya 14 siswa atau sekitar 45% dari 24 siswa dan yang belum tuntas sebanyak 10 orang atau 17,5% dari jumlah se mua siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 23 siswa atau 92,08% dari 24 orang siswa, dan siswa yang tidak mencapai KKM hanya 1 orang atau sebesar 2,5% dari jumlah seluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pemb elajaran mind mapping pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Metode Mind Mapping , P embelajaran IPA, PTK ( Penelitian Tindakan Kelas), Hasil Belajar