PENERAPAN MODEL INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TENTANG KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM (Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran IPS pada pokok Bahasan Mengenai Keanakeragaman Kenampakan Alam di kelas IV SDN Tanjung Laya I Kabupaten Bandung)
Main Author: | Hanisa Utari, 125060239 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/13159/1/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/13159/2/abstrak.pdf http://repository.unpas.ac.id/13159/3/abstrak%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/13159/4/bab%201.pdf http://repository.unpas.ac.id/13159/5/BAB%202.pdf http://repository.unpas.ac.id/13159/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/13159/ |
ctrlnum |
13159 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/13159/</relation><title>PENERAPAN MODEL INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS 
TENTANG KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM
(Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran IPS pada 
pokok Bahasan Mengenai Keanakeragaman Kenampakan Alam
di kelas IV SDN Tanjung Laya I Kabupaten Bandung)</title><creator>Hanisa Utari, 125060239</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan di 
lapangan bahwa proses 
pembelajaran IPS di sekolah dasar 
menunjukan adanya gejala
-
gejala tentang 
kuran
gnya motivasi siswa dalam mempelajari pelajaran IPS. Selain dari 
kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran IPS, siswapun kurang memahami 
dari pelajaran IPS yang akan dipelajarinya. Hal itu menunjukkan bahwa guru 
tidak memberi informasi akhir yang harus d
ilakukan seorang guru sebagai 
pengetahuan awal dari materi selanjutnya. K
etidak pahaman tentang 
pembelajaran 
IPS materi keanekaragaman kenampakan alam 
diketahui bahwa faktor 
penyebabnya adalah faktor dari siswa send
iri dan faktor dari guru kelas, 
diantaran
ya 
adalah (1) siswa cenderung kurang aktif, (
2
)
hasil 
evaluasi
menunjukan 
siswa mengalami kesulitan dala
m memahami materi masalah 
keanekaragaman kenampakan alam
, sehingga nilai evaluasinya rendah, 
nilai siswa 
yang tuntas 13,8
%
, dan yang tidak tuntas 86,2
%
,
dengan rata
-
rata nilai yaitu 41.
Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang 
dikembangkan oleh Sanford dan Kemmis. Dalam pelaksanaan penelitian 
dilakukan dua siklus dimana subjeknya yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 29 
si
swa. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru/peneliti 
dan siswa, wawancara, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes berupa evaluasi serta 
angket hasil respon siswa. 
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Motivasi 
dan Hasil Belajar Si
swa
Melalui Pen
ggunaan
Model 
Inquiri 
dalam Pembelajaran 
IPS 
pada Topik
Keanekaragaman Kenampakan Alam di Kelas IV SDN 
Tanjunglaya I
Kecamatan 
Cikancung
Kabupaten Bandung
.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan 
Model 
Inquiri
dapat 
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I tingkat rata
-
rata 
pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran adalah 60
. 
Pada siklus II 
tingkat pemahaman konsep siswa rata
-
rata dalam proses pembelajaran adalah 80 
yang berarti tel
ah melebihi nilai KKM yang ditetapkan yaitu 65. Sehingga 
sikluspun dihentikan. Hal ini
berpengaruh pada
jumlah ketuntasan siswa setelah 
proses pembelajaran. S
iklus 
I s
iswa yang telah tu
ntas mencapai KKM sebanyak 
41,37
%.
Sedangkan 
Siklus II mengalami peni
ngkatan sebanyak 86
%
. Siswa 
menjadi lebih aktif, berani bertanya dan mengeluarkan pendapat dan 
pembelajaranpun menjadi lebih menyenangkan.
Kata kunci : 
Inquiri,
motivasi dan hasil belajar siswa.</description><date>2016-09-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13159/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13159/2/abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13159/3/abstrak%20inggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13159/4/bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13159/5/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13159/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Hanisa Utari, 125060239 (2016) PENERAPAN MODEL INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TENTANG KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM (Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran IPS pada pokok Bahasan Mengenai Keanakeragaman Kenampakan Alam di kelas IV SDN Tanjung Laya I Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>13159</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Hanisa Utari, 125060239 |
title |
PENERAPAN MODEL INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS
TENTANG KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM
(Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran IPS pada
pokok Bahasan Mengenai Keanakeragaman Kenampakan Alam
di kelas IV SDN Tanjung Laya I Kabupaten Bandung) |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/13159/1/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/13159/2/abstrak.pdf http://repository.unpas.ac.id/13159/3/abstrak%20inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/13159/4/bab%201.pdf http://repository.unpas.ac.id/13159/5/BAB%202.pdf http://repository.unpas.ac.id/13159/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/13159/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan di
lapangan bahwa proses
pembelajaran IPS di sekolah dasar
menunjukan adanya gejala
-
gejala tentang
kuran
gnya motivasi siswa dalam mempelajari pelajaran IPS. Selain dari
kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran IPS, siswapun kurang memahami
dari pelajaran IPS yang akan dipelajarinya. Hal itu menunjukkan bahwa guru
tidak memberi informasi akhir yang harus d
ilakukan seorang guru sebagai
pengetahuan awal dari materi selanjutnya. K
etidak pahaman tentang
pembelajaran
IPS materi keanekaragaman kenampakan alam
diketahui bahwa faktor
penyebabnya adalah faktor dari siswa send
iri dan faktor dari guru kelas,
diantaran
ya
adalah (1) siswa cenderung kurang aktif, (
2
)
hasil
evaluasi
menunjukan
siswa mengalami kesulitan dala
m memahami materi masalah
keanekaragaman kenampakan alam
, sehingga nilai evaluasinya rendah,
nilai siswa
yang tuntas 13,8
%
, dan yang tidak tuntas 86,2
%
,
dengan rata
-
rata nilai yaitu 41.
Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang
dikembangkan oleh Sanford dan Kemmis. Dalam pelaksanaan penelitian
dilakukan dua siklus dimana subjeknya yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 29
si
swa. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru/peneliti
dan siswa, wawancara, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes berupa evaluasi serta
angket hasil respon siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Motivasi
dan Hasil Belajar Si
swa
Melalui Pen
ggunaan
Model
Inquiri
dalam Pembelajaran
IPS
pada Topik
Keanekaragaman Kenampakan Alam di Kelas IV SDN
Tanjunglaya I
Kecamatan
Cikancung
Kabupaten Bandung
.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan
Model
Inquiri
dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I tingkat rata
-
rata
pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran adalah 60
.
Pada siklus II
tingkat pemahaman konsep siswa rata
-
rata dalam proses pembelajaran adalah 80
yang berarti tel
ah melebihi nilai KKM yang ditetapkan yaitu 65. Sehingga
sikluspun dihentikan. Hal ini
berpengaruh pada
jumlah ketuntasan siswa setelah
proses pembelajaran. S
iklus
I s
iswa yang telah tu
ntas mencapai KKM sebanyak
41,37
%.
Sedangkan
Siklus II mengalami peni
ngkatan sebanyak 86
%
. Siswa
menjadi lebih aktif, berani bertanya dan mengeluarkan pendapat dan
pembelajaranpun menjadi lebih menyenangkan.
Kata kunci :
Inquiri,
motivasi dan hasil belajar siswa. |
id |
IOS3183.13159 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-11-01T01:50:32Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:18:00Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044898819047424 |
score |
17.538404 |