PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMA Pasundan 7 Bandung)
Main Author: | FERDINATA, 125010011 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/13139/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/13139/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/13139/3/ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/13139/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/13139/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/13139/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/13139/ |
ctrlnum |
13139 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/13139/</relation><title>PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 
DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH
(Studi Kasus di SMA Pasundan 7 Bandung)</title><creator>FERDINATA, 125010011</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Kata kunci : Mengatasi Kenakalan Siswa Oleh Guru Pkn
Guru pendidikan kewarganegaraan bukan hanya sebagai pemberi materi pembelajaran 
saja, tetapi berupaya untuk mengatasi kenakalan siswa kearah yang lebih baik serta 
bertanggung jawab dalam pembentukan pribadi yang memiliki dasar disiplin yang baik. Oleh 
kare
na itu guru pendidikan kewarganegaraan perlu membelajarkan siswa dengan cara 
pembelajaran yang didalamnya memberikan pesan moral tentang sikap pembentukan karakter 
siswa agar menjadi warga negara yang baik dan menjadi suri tauladan bagi implementasi 
pembi
naan sikap pembentukan karakter siswa untuk membangun warga negara yang baik. 
Penulis merumuskan masalah yang akan diteliti yaitu “bagaimana peranan guru PKn dalam 
mengatasi kenakalan siswa di SMA Pasundan 7 Bandung”. Tujuan penelitian ini sebagai 
pembukti
an dari tujuan umum dan khusus yaitu untuk mengetahui bagaimana peranan guru 
PKn dalam upaya mengatasi kenakalan siswa di SMA Pasundan 7 Bandung melalui program 
pembelajaran secara terarah dengan berbagai aspek dalam nilai
-
nilai penghayatan sesuai 
dengan i
ndikator kenakalan siswa untuk membentuk jati diri yang mempunyai sikap yang 
baik. Penulis menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang memusatkan diri pada 
pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang, yang aktual, dan data dikumpulkan, 
disusun, d
ijelaskan kemudian dianalisis, karena masalah yang diteliti sesuai dengan kriteria 
tersebut. 
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan keyakinan dapat disimpulkan bahwa 
terdapat upaya dalam mengatasi kenakalan siswa yang cukup baik dalam peranan guru PKn 
m
elalui pembelajaran secara terarah dengan berbagai aspek 
dalam nilai
-
nilai penghayatan 
sesuai dengan indikator mengatasi kenakalan siswa untuk membangun warga negara yang 
baik dan cerdas. Kesimpulan hasil penelitian yakni guru PKn dapat melaksanakan progra
m 
pembelajaran sesuai dengan peranannya sebagai guru PKn. Dapat melaksanakan program 
pembelajaran dengan langkah
-
langkah dalam mengatasi kenakalan siswa serta mampu 
mengatasi hambatan dan sudah berupaya membentuk karakter siswa agar menjadi warga 
negara ya
ng baik dan cerdas dengan maksimal yaitu dengan tiada hentinya memberi nasehat 
dan sesekali memberi hukuman berupa sanksi kepada siswa yang tidak taat dan selalu 
memberi contoh prilaku yang mencerminkan kenakalan yang bertujuan pembentukan 
karakter kepada 
siswa agar menjadi warga negara yang baik.</description><date>2016-09-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13139/1/COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13139/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13139/3/ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13139/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13139/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/13139/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> FERDINATA, 125010011 (2016) PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMA Pasundan 7 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>13139</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
FERDINATA, 125010011 |
title |
PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH
(Studi Kasus di SMA Pasundan 7 Bandung) |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/13139/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/13139/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/13139/3/ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/13139/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/13139/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/13139/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/13139/ |
contents |
Kata kunci : Mengatasi Kenakalan Siswa Oleh Guru Pkn
Guru pendidikan kewarganegaraan bukan hanya sebagai pemberi materi pembelajaran
saja, tetapi berupaya untuk mengatasi kenakalan siswa kearah yang lebih baik serta
bertanggung jawab dalam pembentukan pribadi yang memiliki dasar disiplin yang baik. Oleh
kare
na itu guru pendidikan kewarganegaraan perlu membelajarkan siswa dengan cara
pembelajaran yang didalamnya memberikan pesan moral tentang sikap pembentukan karakter
siswa agar menjadi warga negara yang baik dan menjadi suri tauladan bagi implementasi
pembi
naan sikap pembentukan karakter siswa untuk membangun warga negara yang baik.
Penulis merumuskan masalah yang akan diteliti yaitu “bagaimana peranan guru PKn dalam
mengatasi kenakalan siswa di SMA Pasundan 7 Bandung”. Tujuan penelitian ini sebagai
pembukti
an dari tujuan umum dan khusus yaitu untuk mengetahui bagaimana peranan guru
PKn dalam upaya mengatasi kenakalan siswa di SMA Pasundan 7 Bandung melalui program
pembelajaran secara terarah dengan berbagai aspek dalam nilai
-
nilai penghayatan sesuai
dengan i
ndikator kenakalan siswa untuk membentuk jati diri yang mempunyai sikap yang
baik. Penulis menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang memusatkan diri pada
pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang, yang aktual, dan data dikumpulkan,
disusun, d
ijelaskan kemudian dianalisis, karena masalah yang diteliti sesuai dengan kriteria
tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan keyakinan dapat disimpulkan bahwa
terdapat upaya dalam mengatasi kenakalan siswa yang cukup baik dalam peranan guru PKn
m
elalui pembelajaran secara terarah dengan berbagai aspek
dalam nilai
-
nilai penghayatan
sesuai dengan indikator mengatasi kenakalan siswa untuk membangun warga negara yang
baik dan cerdas. Kesimpulan hasil penelitian yakni guru PKn dapat melaksanakan progra
m
pembelajaran sesuai dengan peranannya sebagai guru PKn. Dapat melaksanakan program
pembelajaran dengan langkah
-
langkah dalam mengatasi kenakalan siswa serta mampu
mengatasi hambatan dan sudah berupaya membentuk karakter siswa agar menjadi warga
negara ya
ng baik dan cerdas dengan maksimal yaitu dengan tiada hentinya memberi nasehat
dan sesekali memberi hukuman berupa sanksi kepada siswa yang tidak taat dan selalu
memberi contoh prilaku yang mencerminkan kenakalan yang bertujuan pembentukan
karakter kepada
siswa agar menjadi warga negara yang baik. |
id |
IOS3183.13139 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-11-01T01:50:32Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:17:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044898765570048 |
score |
17.538404 |