Daftar Isi:
  • Ema Nur Amalina , Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap kemampuan komunikasi Matematis Siswa SMP . Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pasundan Bandung, tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelaj aran melalui pembelajaran matema tika realistik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) mengetahui apakah siswa bersikap positif terh adap penelitian ini, dengan desain penelitian A O X O. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang dipilih secar a acak dengan populasinya adalah siswa SMP Tunas Baru Ciparay. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan : (1) terdapat perbedaan kem ampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika realistik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) siswa bersikap positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik. Kata Ku nci : Pembelajaran Matematika Realistik , Kemampuan K omunikasi Matematis Siswa