PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PERMASALAHAN SOSIAL (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cijagra 2 Kecamatan Bojongsoang)

Main Author: RIA MUSTIKASARI, 125060214
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/13107/1/COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13107/2/ABSTRAK%20BAHASA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13107/3/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13107/4/BAB%20I%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13107/5/BAB%20II%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13107/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13107/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran audio visual (video) dalam pembelajaran IPS pada materi permasalahan sosial. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN CIJAGRA 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi karena pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik dan kurang adanya penggunaan media. Sehingga menyebabkan anak kurang termotivasi dan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Penelitian ini dilakukan selama II siklus, setiap siklusnya dilakukan sebanyak 1 kali pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN CIJAGRA 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung, yang berjumlah 35 siswa, diantaranya 21 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Dalam kegiatan penelitian pembelajaran dengan menerapkan media audio visual (video). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan media audio visual (video) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I muncul peningkatan hasil belajar siswa mencapai 66,4 dengan kategori sedang , siklus II mencapai 74,5 dengan kategori baik. Hambatan dalam proses pembelajaran berlangsung dengan menerapkan media audio visual (video) peneliti menemukan hambatan sebagai berikut yaitu sebagian siswa masih pasif di dalam kelas dan kurang menunjukan sikap percaya diri. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan media audio visual (video) sangat menunjang terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan media audio visual (video) dapat dijadikan salah satu media pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS SD. Kata Kunci: audio visual, dan hasil belajar.