PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY TERBIMBING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Alat Pencernaan Pada Manusia dilakukan di Kelas V Semester 1 SDN Sukarame Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung)
Main Author: | Muhammad Ramdan, 125060222 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/13060/1/COPER.pdf http://repository.unpas.ac.id/13060/2/Abstrak%20Indonesia.pdf http://repository.unpas.ac.id/13060/3/Abstrak%20Inggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/13060/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/13060/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/13060/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/13060/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi fakta bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA masih sangat rendah dibanding dengan mata pelajaran lain. Keadaan ini dikarenakan pembelajaran yang klasikal dan disajikan secara verbal melalui kegiatan ceramah dan texbook oriented. akibatnya keterlibatan siswa menjadi sangat minim, pembelajaran kurang menarik dan membosankan bagi siswa. Sehingga bedampak pada berpikir kritis dan hasil belajar siswa rendah. Berdaskan hal tersebut salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi alat pencernaan manusia menggunakan penerapan metode pembelajaran berbasis Inquiry terbimbing. Tujuan peniliti ini untuk memperbaiki dan meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukarame dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran berbasi Inquiry. Metode yang digunakan adalah PTK (penelitian Tindakan Kelas). Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan persentase hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Inquiry mengalami sebuah peningkatan dalam setiap siklusnya dua pertemuan, pada siklus I pertemuan Pertama 41.66%, pada siklus I pertemuan kedua 52,77%, sedangkan disiklus II pertemuan ketiga sebesar 88,99%, pada siklus II pertemuan keempat sebesar 91,77% artinya terdapat adanya suatu peningkatan kualitas hasil pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Inquiry pad mata pelajaran IPA materi Alat Pencernaan Manusia dapat meningkat berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari peneliti ini adalah penggunaan metode pembelajaran berbasis Inquiry terbimbing pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Negeri Sukarme efektif dalam meningkatkan berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Berbasis Inquiry terbimbing, Hasil Belajar Siswa