MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Subtema 2 Wujud Benda dan Cirinya Pembelajaran 1 Kelas V SDN Citepus Kecamatan Cicendo Kota Bandung)

Main Author: WIDA WIDYASTUTI, 125060210
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/13050/1/1.%20cover%20skripsi.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13050/2/abstrak.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13050/3/abstrack.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13050/4/BAB%20I%20DONE.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13050/5/Bab%20II%20DONE.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13050/6/DAFTAR%20ISI%20%20aja.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13050/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13050/
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan belajar siswa SDN Citepus Kecamatan Cicendo Kota Bandung khususnya di kelas V pada tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 2 wujud benda dan cirinya pembelajaran 1 dengan menerapkan cooperative learning tipe jigsaw. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berlangsung dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi dan analisis serta refleksi. Instrumen yang digunakan dalam peneltian ini adalah tes, lembar observasi, dan angket. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, nilai rata-rata pada siklus I untuk pretest 3%, posttest 40%, nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II lebih meningkat dari hasil sebelumnya yaitu untuk pretest 88%, postest 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan dan hasil belajar siswa dalam materi tema 1 benda-benda di lingkungan sekitar subtema 2 wujud benda dan cirinya pembelajaran 1 karena ketercapaian yang telah ditentukan sebesar 80% telah tercapai. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik sekalipun di Sekolah Dasar. Pendidik hendaknya memberikan inovasi dan lebih kratif dalam menentukan model pembelajaran yang akan diterapkan agar peserta didik tidak mengalami rasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran sehari-hari. Kata kunci: Cooperative Learning Tipe Jigsaw ,hasil belajar siswa.