UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODELDISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Perkembangbiakan Tumbuhan di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Halimun Bandung)

Main Author: IIS SANTIKA SARI, 125060136
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/13041/1/COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13041/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13041/3/ABSTRACT.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13041/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13041/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13041/6/DAFPUS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13041/
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul “Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Discovery Learning ” dilatarbelakangi dengan permasalahan yang ada dilapangan dari hasil observasi awal Pendidik kurang mengerti cara membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Pendidik kurang kreatif dalam menggunakan media pembelajaran, bahkan tidak jarang tidak menggunakan media saat pembelajaran. Kurangnya minat siswa dalam belajar dilihat dari siswa sering merasa bosan, jenuh, tak jarang s ibuk bermain, mengobrol, dan mengga ng gu teman ya ng sedang belajar karena penggu naan model pembelajaran yang mon oton dan tidak adanya pengguna an media. Hasil belajar rendah, dari beberapa tes yang diberikan ada beberapa siswa yang belum memenuhi KKM. Penel itian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SDN Halimun melalui model discovery learning . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengadaptasi model Arikunto dengan dua siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan dua tindakan. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada minat belajar siswa pada siklus I mencapai 61 % mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 81.3% . Sedangkan hasi l belajar siswa pada siklus I 53.3 % mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 90% Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi subtema perkembangbiakan tumbuhan. Saran yang diberikan hendaknya guru merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, memilih model dan media yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa agar pembelajaran dapat optimal. Kata Kunci: Discovery Learning