PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kela s P ad a Materi Budaya Politik di Kelas XI IPS 3 SMA Sumatra 40 Bandung)

Main Author: YANTI LISTIA, 125010051
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/13008/1/cover.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13008/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13008/3/ABSTRACT.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13008/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13008/5/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13008/6/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/13008/
Daftar Isi:
  • “ Penerapan Model Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Budaya Politik di K elas XI IPS 3 SMA Sumatra 40 Bandung )” . Penelitian ini bertujuan untuk mengetah ui persiapan yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar di SMA Sumatra 40 Bandung dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada materi Budaya Politik dan untuk mengetahui pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran Pend idikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan model Course Review Horay . Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas, yang menjadi objek penelitiannya adalah peserta didik kelas XI IPS 3 yang berjumlah 30 peserta didik. Rancangan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, tes dan studi dokumentasi. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan rancangan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data ( data display ), dan verificat ion . Berdasarkan data hasil observasi penilaian RPP siklus I mendapatkan persentase sebesar 70% dan siklus II 86,6% dari data hasil observasi penilaian RPP siklus I ke siklus II terjadi suatu peningkatan, hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 66,6% dan siklus II 84% dari data hasil observasi aktivitas guru siklus I ke siklus II terjadi suatu peningkatan, sedangkan rekapitulasi nilai te s siklus I sebesar 66,6% dan siklus II 86,2% dari data rekapitulasi nilai tes siklus I ke siklus II terjadi suatu peningkatan dalam prestasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa secara garis besarn ya model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan pemahaman belajar peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Course Review Horay , Penelitian Tindakan Kelas, Pemahaman, dan Pes e rta Didik