PENGGUNAAN METODE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGRI BOJONG 1
Daftar Isi:
- Penelitian yang berjudul “Penggunaan Metode Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negri Bojong 1.” dilatarbelakangi dari kurangnya hasil belajar siswa karena siswa kurang berperan aktif pada proses pembelajaran, rata-rata hasil belajar siswa belum mencapai KKM sebanyak 4 orang atau sebesar 15,4% dari 26 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Adapun, tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat sebanyak 24 orang atau sebesar 93,6% maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode course review horay dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V pada materi sistem pernapasan manusia. Dengan demikian metode course review horay dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran yang diterapkan guru pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Metode course review horay, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA.