Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Dewi Sartika dengan subjek penelitian adalah kelas I V. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IP S . Pada penelitian ini peneliti mengambil materi mengenai persebaran jenis sumber daya alam dan manfaatnya untuk k egiatan ekonomi dengan model kooperatif tipe number head together dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah peserta didik kelas I V SDN Dewi Sartika dengan jumlah 3 4 orang yang terdiri atas 1 4 laki - laki dan 20 orang perempuan, adapun instrument yang d ipakai dalam penelitian kali ini adalah lembar observasi kemampuan berkomunikasi siswa dan lembar evaluasi hasil belajar siswa . Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar instrument dan hasil wawancara serta angket . Dari hasil penel itian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase kemampuan berkomunikasi siswa dalam pembelajaran dengan hasil pada siklus I yaitu 52% dan siklus II yaitu 88%. Adapun hasil belajar peserta didik menggunakan model kooperatif tipe number head together menga lami peningkatan dalam setiap siklusnya, ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 65 % dan siklus II 91 %. Nilai rata - rata dalam hasil belajar pun mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya pada siklus I nilai rata - rata sebesar 70 ( cukup ), dan pada siklus II nilai rata - rata se besar 79 (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe number head together pada pembelajaran IP S dalam materi persebaran jenis sumber daya alam dan manfaatnya untuk kegiatan ekonomi dapat meningkatka n kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa . Kata Kunci : Model kooperatif tipe number head together, pembelajaran IP S , meningkatkan kemampuan berkomunikasi, hasil belajar siswa.