MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGENAL JENIS-JENIS USAHA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimega Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2015/2016)

Main Author: RAHMAT HIDAYAT, 125060014
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/12887/1/COVER%20fix.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12887/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12887/3/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12887/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12887/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12887/6/Daftar%20Pustaka%20Benar.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12887/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS pokok bahasan Jenis-Jenis Usaha Ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Cimega dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan media gambar untuk melaksanakan pembelajaraan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 3 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan media gambar yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari hasil tes belajar. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 67, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 82. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pada materi Jenis-Jenis Usaha Ekonomi di kelas V SDN Cimega. Dengan demikian, penggunaan media gambar dapat dijadikan salah satu media pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: Hasil Belajar.