PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TELITI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGENAI ALAT-ALAT PERNAPASAN PADA SISWA KELAS V SDN PANGGUH (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pangguh Jl. Pangguh Kelurahan Ibun)
Main Author: | WINDI SEPTIYANI, 125060257 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12877/1/1.%20COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/12877/2/8.%20ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/12877/3/9.%20ABSTRAK%20INGGRIS.pdf http://repository.unpas.ac.id/12877/4/14.%20BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12877/5/15.%20BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12877/6/19.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12877/ |
ctrlnum |
12877 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/12877/</relation><title>PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TELITI DAN HASIL BELAJAR 
DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGENAI ALAT-ALAT PERNAPASAN
PADA SISWA KELAS V SDN PANGGUH 
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pangguh Jl. Pangguh
Kelurahan Ibun)</title><creator>WINDI SEPTIYANI, 125060257</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Pangguh kelurahan
Ibun Kabupaten Bandung. Pembelajaran IPA di SDN Pangguh masih cenderung
pada kemampuan teoritis saja dimana konsep-konsep yang diajarkan sekedar
pengetahuan dan kurangnya pengaitan pelajaran terhadap perilaku nyata siswa
dilingkungannya. Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar dan melihat
kenyataan di lapangan ditemukan beberapa masalah seperti siswa kurang aktif pada
saat pembelajaran, dimana guru masih mendominasi kegiatan siswa. Masalah lain
yang ditemukan oleh peneliti adalah kurangnya telti dan hasil belajar siswa pada
saat pembelajaran IPA, nilai hasil belajar siswa pada materi alat-alat pernapasan
masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Maka untuk
mengatasi masalah tersebut dipilih satu pendekatan pembelajaran yang dapat
menciptakan pengalaman belajar bagi siswa, sehingga materi dimengerti dan
dipahami siswa. pendekatan yang tepat dalam penelitian ini adalah pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan CTL merupakan konsep
belajar yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan sistuasi dunia nyata
siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang
dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari yang ada kaitannya
dengan topik IPA. Peneltian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus
dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak 33 siswa yang
terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Target penelitian dikatakan
berhasil apabila 80% siswa mendapat kategori amat baik untuk ketelitian dan
mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 70 pada mata pelajaran IPA. Pada siklus I
ketelitian siswa mencapai 60% sedangkan hasil belajar siswa yaitu 63%. Pada
siklus II ketelitian dan hasil belajar siswa meningkat yaitu 85% untuk ketelitian dan
85% untuk hasil belajar siswa. Dari hasil observasi disetiap siklusnya, siswa
menujukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan
model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitia ini berbentuk Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran
IPA dapat meningkatkan ketelitian dan hasil belajar siswa pada materi alat-alat
pernapasan di kelas V SDN Pangguh kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. 
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Sikap teliti, Hasil Belajar</description><date>2016-09-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12877/1/1.%20COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12877/2/8.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12877/3/9.%20ABSTRAK%20INGGRIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12877/4/14.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12877/5/15.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12877/6/19.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> WINDI SEPTIYANI, 125060257 (2016) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TELITI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGENAI ALAT-ALAT PERNAPASAN PADA SISWA KELAS V SDN PANGGUH (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pangguh Jl. Pangguh Kelurahan Ibun). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>12877</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
WINDI SEPTIYANI, 125060257 |
title |
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TELITI DAN HASIL BELAJAR
DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGENAI ALAT-ALAT PERNAPASAN
PADA SISWA KELAS V SDN PANGGUH
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pangguh Jl. Pangguh
Kelurahan Ibun) |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/12877/1/1.%20COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/12877/2/8.%20ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/12877/3/9.%20ABSTRAK%20INGGRIS.pdf http://repository.unpas.ac.id/12877/4/14.%20BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12877/5/15.%20BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12877/6/19.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12877/ |
contents |
Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Pangguh kelurahan
Ibun Kabupaten Bandung. Pembelajaran IPA di SDN Pangguh masih cenderung
pada kemampuan teoritis saja dimana konsep-konsep yang diajarkan sekedar
pengetahuan dan kurangnya pengaitan pelajaran terhadap perilaku nyata siswa
dilingkungannya. Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar dan melihat
kenyataan di lapangan ditemukan beberapa masalah seperti siswa kurang aktif pada
saat pembelajaran, dimana guru masih mendominasi kegiatan siswa. Masalah lain
yang ditemukan oleh peneliti adalah kurangnya telti dan hasil belajar siswa pada
saat pembelajaran IPA, nilai hasil belajar siswa pada materi alat-alat pernapasan
masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Maka untuk
mengatasi masalah tersebut dipilih satu pendekatan pembelajaran yang dapat
menciptakan pengalaman belajar bagi siswa, sehingga materi dimengerti dan
dipahami siswa. pendekatan yang tepat dalam penelitian ini adalah pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan CTL merupakan konsep
belajar yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan sistuasi dunia nyata
siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang
dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari yang ada kaitannya
dengan topik IPA. Peneltian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus
dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak 33 siswa yang
terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Target penelitian dikatakan
berhasil apabila 80% siswa mendapat kategori amat baik untuk ketelitian dan
mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 70 pada mata pelajaran IPA. Pada siklus I
ketelitian siswa mencapai 60% sedangkan hasil belajar siswa yaitu 63%. Pada
siklus II ketelitian dan hasil belajar siswa meningkat yaitu 85% untuk ketelitian dan
85% untuk hasil belajar siswa. Dari hasil observasi disetiap siklusnya, siswa
menujukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan
model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitia ini berbentuk Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran
IPA dapat meningkatkan ketelitian dan hasil belajar siswa pada materi alat-alat
pernapasan di kelas V SDN Pangguh kecamatan Ibun Kabupaten Bandung.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Sikap teliti, Hasil Belajar |
id |
IOS3183.12877 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-11-01T01:50:24Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:17:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044897514618880 |
score |
17.538404 |