UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI MACAM - MACAM SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Main Author: | ROHAENI, 125060237 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12875/1/cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/12875/3/abstract.pdf http://repository.unpas.ac.id/12875/2/abstrak.pdf http://repository.unpas.ac.id/12875/4/BAB%201%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/12875/5/BAB%20II%20terbaru%20bu%20uum.pdf http://repository.unpas.ac.id/12875/6/DAFTAR%20PUSTAKA%20ayena%20pisan.pdf http://repository.unpas.ac.id/12875/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS pokok bahasan macam - macam sumber daya alam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kebon gedang 2 dan dilatar belakangi keadaan siswa yan g kurang menunjukkan minat dan hasil belajar di dalam proses pem belajar an yang masih banyak di bawah KKM . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observa si, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari 5 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi m asalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa , penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru , siswa selama proses pembelajaran dan angket minat siswa . Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata - rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Hasil belajar siklus 1 nilai rata - rata yaitu 71,8 , dan hasil belajar siklus 2 ra ta - rata nilai mencapai 85 . Minat siswa pada siklus I peningkatan minat belajarnya adalah 63,3% , d an pada siklus II peningkatan adalah 85%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa p ada pembelajaran IPS pokok bahasan macam - macam sumber daya alam di kelas IV SDN Kebon Gedang 2 . Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci : Problem Based Learning , minat belajar , hasil belajar