MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI
Daftar Isi:
- Penelitiantin dakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Cibabat Mandiri 4 Kota Cimahi dengan subjek penelitiannya adalah kelas III yang berjumlah 34 siswa dan terdiri dari 15 sisw alaki-lak idan 19 siswi perempuan . Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan pada mata pelajaran IPA materi kenampakan permukaan bumi dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket dan tes. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Berdasarkan observasi yang dilakukan, dari siklus I kesiklus II, kenaikan tingkat percaya diri siswa sebesar 29%, sedangkan pada hasil belajar sebesar 15%. Pada siklus II keduanya telah mencapai target yaitu 90% siswa memiliki rasa percaya diri tinggi dan hasil belajar mencapai KKM. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining pada materi kenampakan permukaan bumi dapat meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Student facilitator and explaining, percayadiri, hasilbelajar