PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gayatri Desa Bojongpetir Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur)
ctrlnum |
12854 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/12854/</relation><title>PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN
ALAM DAN SOSIAL BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gayatri Desa Bojongpetir
Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur)</title><creator>DEWI PUSPITASARI, 125060037</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok bagaimana meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas IV SDN Gayatri dalam pembelajaran IPS pada materi
kanampakan alam dan sosial budaya dengan penerapan model Problem Based
Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK). Subjek penelitian ini yaitu terhadap siswa kelas IV di SDN Gayatri yang
berjumlah 34 siswa. Model pembelajaran yang mendukung penelitian ini yaitu model
pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based
Learning ini dilakukan dengan adanya pemberian rangsangan berupa masalahmasalah
yang kemudian siswa memecahkan masalah dengan mencari informasiinformasi
tersebut dan membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes uraian, yaitu berupa observasi terhadap
guru dan siswa, tes siklus, serta angket skala sikap siswa. Dari hasil penelitian dan
pembahasan, aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model Problem
Based Learning mengalami peningkatan dan hasil belajar siswa yang dilihat pada
persentase pada tiap siklusnya mengalami peningkatan. Hasil angket skala sikap siswa
menyatakan bahwa sebagian besar memberikan respon sangat baik atau positif terhadap
pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan dengan menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning.
Kata kunci : Problem Based Learning, aktivitas, hasil belajar.</description><date>2016-09-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12854/1/COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12854/2/ABSTARAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12854/3/ABSTARAK%20BAHASA%20INGGRIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12854/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12854/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12854/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12854/7/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><identifier> DEWI PUSPITASARI, 125060037 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gayatri Desa Bojongpetir Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>12854</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
DEWI PUSPITASARI, 125060037 |
title |
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN
ALAM DAN SOSIAL BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gayatri Desa Bojongpetir
Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur) |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/12854/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/12854/2/ABSTARAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12854/3/ABSTARAK%20BAHASA%20INGGRIS.pdf http://repository.unpas.ac.id/12854/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12854/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12854/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/12854/7/DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unpas.ac.id/12854/ |
contents |
Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok bagaimana meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas IV SDN Gayatri dalam pembelajaran IPS pada materi
kanampakan alam dan sosial budaya dengan penerapan model Problem Based
Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK). Subjek penelitian ini yaitu terhadap siswa kelas IV di SDN Gayatri yang
berjumlah 34 siswa. Model pembelajaran yang mendukung penelitian ini yaitu model
pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based
Learning ini dilakukan dengan adanya pemberian rangsangan berupa masalahmasalah
yang kemudian siswa memecahkan masalah dengan mencari informasiinformasi
tersebut dan membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes uraian, yaitu berupa observasi terhadap
guru dan siswa, tes siklus, serta angket skala sikap siswa. Dari hasil penelitian dan
pembahasan, aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model Problem
Based Learning mengalami peningkatan dan hasil belajar siswa yang dilihat pada
persentase pada tiap siklusnya mengalami peningkatan. Hasil angket skala sikap siswa
menyatakan bahwa sebagian besar memberikan respon sangat baik atau positif terhadap
pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan dengan menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning.
Kata kunci : Problem Based Learning, aktivitas, hasil belajar. |
id |
IOS3183.12854 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-11-01T01:50:21Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:17:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044897195851776 |
score |
17.538404 |