PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gayatri Desa Bojongpetir Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur)

Main Author: DEWI PUSPITASARI, 125060037
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/12854/1/COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12854/2/ABSTARAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12854/3/ABSTARAK%20BAHASA%20INGGRIS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12854/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12854/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12854/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12854/7/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12854/
ctrlnum 12854
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/12854/</relation><title>PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK&#xD; MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR&#xD; DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN&#xD; ALAM DAN SOSIAL BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gayatri Desa Bojongpetir&#xD; Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur)</title><creator>DEWI PUSPITASARI, 125060037</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok bagaimana meningkatkan aktivitas dan&#xD; hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk meningkatkan aktivitas dan&#xD; hasil belajar siswa kelas IV SDN Gayatri dalam pembelajaran IPS pada materi&#xD; kanampakan alam dan sosial budaya dengan penerapan model Problem Based&#xD; Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas&#xD; (PTK). Subjek penelitian ini yaitu terhadap siswa kelas IV di SDN Gayatri yang&#xD; berjumlah 34 siswa. Model pembelajaran yang mendukung penelitian ini yaitu model&#xD; pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based&#xD; Learning ini dilakukan dengan adanya pemberian rangsangan berupa masalahmasalah&#xD; yang kemudian siswa memecahkan masalah dengan mencari informasiinformasi&#xD; tersebut dan membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Instrumen yang&#xD; digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes uraian, yaitu berupa observasi terhadap&#xD; guru dan siswa, tes siklus, serta angket skala sikap siswa. Dari hasil penelitian dan&#xD; pembahasan, aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model Problem&#xD; Based Learning mengalami peningkatan dan hasil belajar siswa yang dilihat pada&#xD; persentase pada tiap siklusnya mengalami peningkatan. Hasil angket skala sikap siswa&#xD; menyatakan bahwa sebagian besar memberikan respon sangat baik atau positif terhadap&#xD; pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.&#xD; Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa&#xD; dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan dengan menggunakan model&#xD; pembelajaran Problem Based Learning.&#xD; Kata kunci : Problem Based Learning, aktivitas, hasil belajar.</description><date>2016-09-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12854/1/COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12854/2/ABSTARAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12854/3/ABSTARAK%20BAHASA%20INGGRIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12854/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12854/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12854/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12854/7/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><identifier> DEWI PUSPITASARI, 125060037 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gayatri Desa Bojongpetir Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>12854</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DEWI PUSPITASARI, 125060037
title PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gayatri Desa Bojongpetir Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur)
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/12854/1/COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12854/2/ABSTARAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12854/3/ABSTARAK%20BAHASA%20INGGRIS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12854/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12854/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12854/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12854/7/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12854/
contents Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gayatri dalam pembelajaran IPS pada materi kanampakan alam dan sosial budaya dengan penerapan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu terhadap siswa kelas IV di SDN Gayatri yang berjumlah 34 siswa. Model pembelajaran yang mendukung penelitian ini yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based Learning ini dilakukan dengan adanya pemberian rangsangan berupa masalahmasalah yang kemudian siswa memecahkan masalah dengan mencari informasiinformasi tersebut dan membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes uraian, yaitu berupa observasi terhadap guru dan siswa, tes siklus, serta angket skala sikap siswa. Dari hasil penelitian dan pembahasan, aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning mengalami peningkatan dan hasil belajar siswa yang dilihat pada persentase pada tiap siklusnya mengalami peningkatan. Hasil angket skala sikap siswa menyatakan bahwa sebagian besar memberikan respon sangat baik atau positif terhadap pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Kata kunci : Problem Based Learning, aktivitas, hasil belajar.
id IOS3183.12854
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-11-01T01:50:21Z
last_indexed 2017-07-10T03:17:47Z
recordtype dc
_version_ 1766044897195851776
score 17.538404