ctrlnum 12822
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/12822/</relation><title>MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI&#xD; PEMBELAJARAN METODE CERAMAH DENGAN &#xD; PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS DISCOVERY&#xD; LEARNING PADA KONSEP SEL</title><creator>NURUL RAHMAWATI, 125040174</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan rendahnya hasil belajar siswa&#xD; terhadap materi sel yang disebabkan oleh pembelajaran yang cenderung&#xD; membosankan bagi siswa. Siswa kurang akif di kelas XI MIA SMA Negeri 16&#xD; Bandung tahun ajaran 2016/2017. Maka dibutuhkannya model metode, dan media&#xD; pembelajaran yang bisa membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam&#xD; mengikuti proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.&#xD; Sampel penelitian adalah siswa SMAN 16 Bandung kelas XI MIA 1 dan XI MIA&#xD; 4 dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 33 orang siswa. Metode&#xD; penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan&#xD; desainnon-equivalent control group design. Variabel penelitian terdiri atas 2&#xD; variabel, yaitu variabel bebas berupa multimedia berbasis discovery learning dan&#xD; metode ceramah, variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Teknik pengambilan&#xD; sampel digunakan dengan teknik Purposive Sampling yakni teknik pengumpulan&#xD; sampel dengan pertimbangan kriteria kelas yang nilai rata-rata hampir seimbang&#xD; pada pembelajaran biologi. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan&#xD; menggunakan tes soal berupa test objektif (pilihan ganda) terdiri dari pretest dan&#xD; posttest yang isi soalnya sama yaitu 15 soal pilihan ganda. Pretest digunakan&#xD; untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum pembelajaran dan posttest&#xD; digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Hasil&#xD; analisis data menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata&#xD; pretest kelas eksperimen sebesar 45,07 dan rata-rata posttest pada kelas&#xD; eksperimen sebesar 80,25. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas pembanding&#xD; mencapai nilai 45,9 dan dan nilai rata-rata posttest kelas pembanding mencapai&#xD; nilai 72,7. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan&#xD; menggunakan multimedia berbasis discovery learning dapat digunakan sebagai&#xD; salah satu alternatif dalam kegiatan pembelaran untuk menigkatkan hasil belajar&#xD; siswa. &#xD; &#xD; Kata Kunci: Multimedia berbasis Discovery Learning,Metode Ceramah, Hasil &#xD; Belajar, Sel.</description><date>2016-09-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12822/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12822/2/7.%20Abstrak%20Indonesia.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12822/3/8.%20Abstrak%20Innggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12822/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12822/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12822/6/18.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> NURUL RAHMAWATI, 125040174 (2016) MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN METODE CERAMAH DENGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>12822</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NURUL RAHMAWATI, 125040174
title MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN METODE CERAMAH DENGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP SEL
publishDate 2016
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/12822/1/1.%20COVER.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12822/2/7.%20Abstrak%20Indonesia.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12822/3/8.%20Abstrak%20Innggris.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12822/4/BAB%20I.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12822/5/BAB%20II.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12822/6/18.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unpas.ac.id/12822/
contents Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi sel yang disebabkan oleh pembelajaran yang cenderung membosankan bagi siswa. Siswa kurang akif di kelas XI MIA SMA Negeri 16 Bandung tahun ajaran 2016/2017. Maka dibutuhkannya model metode, dan media pembelajaran yang bisa membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sampel penelitian adalah siswa SMAN 16 Bandung kelas XI MIA 1 dan XI MIA 4 dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 33 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desainnon-equivalent control group design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa multimedia berbasis discovery learning dan metode ceramah, variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan teknik Purposive Sampling yakni teknik pengumpulan sampel dengan pertimbangan kriteria kelas yang nilai rata-rata hampir seimbang pada pembelajaran biologi. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes soal berupa test objektif (pilihan ganda) terdiri dari pretest dan posttest yang isi soalnya sama yaitu 15 soal pilihan ganda. Pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum pembelajaran dan posttest digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Hasil analisis data menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 45,07 dan rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 80,25. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas pembanding mencapai nilai 45,9 dan dan nilai rata-rata posttest kelas pembanding mencapai nilai 72,7. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan multimedia berbasis discovery learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelaran untuk menigkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Multimedia berbasis Discovery Learning,Metode Ceramah, Hasil Belajar, Sel.
id IOS3183.12822
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2016-11-01T01:50:21Z
last_indexed 2017-07-10T03:17:47Z
recordtype dc
_version_ 1766044897083654144
score 17.538404