MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN METODE CERAMAH DENGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP SEL
Main Author: | NURUL RAHMAWATI, 125040174 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/12822/1/1.%20COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/12822/2/7.%20Abstrak%20Indonesia.pdf http://repository.unpas.ac.id/12822/3/8.%20Abstrak%20Innggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/12822/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12822/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12822/6/18.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unpas.ac.id/12822/ |
ctrlnum |
12822 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/12822/</relation><title>MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
PEMBELAJARAN METODE CERAMAH DENGAN 
PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS DISCOVERY
LEARNING PADA KONSEP SEL</title><creator>NURUL RAHMAWATI, 125040174</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan rendahnya hasil belajar siswa
terhadap materi sel yang disebabkan oleh pembelajaran yang cenderung
membosankan bagi siswa. Siswa kurang akif di kelas XI MIA SMA Negeri 16
Bandung tahun ajaran 2016/2017. Maka dibutuhkannya model metode, dan media
pembelajaran yang bisa membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam
mengikuti proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Sampel penelitian adalah siswa SMAN 16 Bandung kelas XI MIA 1 dan XI MIA
4 dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 33 orang siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan
desainnon-equivalent control group design. Variabel penelitian terdiri atas 2
variabel, yaitu variabel bebas berupa multimedia berbasis discovery learning dan
metode ceramah, variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Teknik pengambilan
sampel digunakan dengan teknik Purposive Sampling yakni teknik pengumpulan
sampel dengan pertimbangan kriteria kelas yang nilai rata-rata hampir seimbang
pada pembelajaran biologi. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan
menggunakan tes soal berupa test objektif (pilihan ganda) terdiri dari pretest dan
posttest yang isi soalnya sama yaitu 15 soal pilihan ganda. Pretest digunakan
untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum pembelajaran dan posttest
digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Hasil
analisis data menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata
pretest kelas eksperimen sebesar 45,07 dan rata-rata posttest pada kelas
eksperimen sebesar 80,25. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas pembanding
mencapai nilai 45,9 dan dan nilai rata-rata posttest kelas pembanding mencapai
nilai 72,7. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan multimedia berbasis discovery learning dapat digunakan sebagai
salah satu alternatif dalam kegiatan pembelaran untuk menigkatkan hasil belajar
siswa. 

Kata Kunci: Multimedia berbasis Discovery Learning,Metode Ceramah, Hasil 
Belajar, Sel.</description><date>2016-09-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12822/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12822/2/7.%20Abstrak%20Indonesia.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12822/3/8.%20Abstrak%20Innggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12822/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12822/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/12822/6/18.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> NURUL RAHMAWATI, 125040174 (2016) MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN METODE CERAMAH DENGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><recordID>12822</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
NURUL RAHMAWATI, 125040174 |
title |
MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
PEMBELAJARAN METODE CERAMAH DENGAN
PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS DISCOVERY
LEARNING PADA KONSEP SEL |
publishDate |
2016 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/12822/1/1.%20COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/12822/2/7.%20Abstrak%20Indonesia.pdf http://repository.unpas.ac.id/12822/3/8.%20Abstrak%20Innggris.pdf http://repository.unpas.ac.id/12822/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/12822/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/12822/6/18.%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unpas.ac.id/12822/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan rendahnya hasil belajar siswa
terhadap materi sel yang disebabkan oleh pembelajaran yang cenderung
membosankan bagi siswa. Siswa kurang akif di kelas XI MIA SMA Negeri 16
Bandung tahun ajaran 2016/2017. Maka dibutuhkannya model metode, dan media
pembelajaran yang bisa membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam
mengikuti proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Sampel penelitian adalah siswa SMAN 16 Bandung kelas XI MIA 1 dan XI MIA
4 dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 33 orang siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan
desainnon-equivalent control group design. Variabel penelitian terdiri atas 2
variabel, yaitu variabel bebas berupa multimedia berbasis discovery learning dan
metode ceramah, variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Teknik pengambilan
sampel digunakan dengan teknik Purposive Sampling yakni teknik pengumpulan
sampel dengan pertimbangan kriteria kelas yang nilai rata-rata hampir seimbang
pada pembelajaran biologi. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan
menggunakan tes soal berupa test objektif (pilihan ganda) terdiri dari pretest dan
posttest yang isi soalnya sama yaitu 15 soal pilihan ganda. Pretest digunakan
untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum pembelajaran dan posttest
digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Hasil
analisis data menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata
pretest kelas eksperimen sebesar 45,07 dan rata-rata posttest pada kelas
eksperimen sebesar 80,25. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas pembanding
mencapai nilai 45,9 dan dan nilai rata-rata posttest kelas pembanding mencapai
nilai 72,7. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan multimedia berbasis discovery learning dapat digunakan sebagai
salah satu alternatif dalam kegiatan pembelaran untuk menigkatkan hasil belajar
siswa.
Kata Kunci: Multimedia berbasis Discovery Learning,Metode Ceramah, Hasil
Belajar, Sel. |
id |
IOS3183.12822 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2016-11-01T01:50:21Z |
last_indexed |
2017-07-10T03:17:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766044897083654144 |
score |
17.538404 |